fbpx

8 Mitos Gempa Bumi di Berbagai Belahan Dunia

8 Mitos Gempa Bumi di Berbagai Belahan Dunia

Gempa bumi dan mitos di baliknya.

Ini 8 Mitos Tentang Gempa Bumi di Berbagai Belahan Dunia

Konten.co.id – Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat kita duga. Gempa bumi sendiri disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba sehingga menciptakan gelombang seismik yang membuat permukaan bumi bergetar.

Selain itu, gempa bumi juga dapat terjadi jika salah satu lempeng bumi melakukan pergerakan. Meski demikian, gempa bumi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya oleh hantaman meteor, letusan gunung, hingga ledakan bom.

Namun sebelum adanya teori ilmiah yang dikemukakan oleh para peneliti tentang gempa bumi, manusia mengaitkan fenomena alam ini dengan berbagai kepercayaan.

Berikut delapan kisah gempa bumi berdasar kepercayaan:

Legenda Kura-Kura Babi Sapi dan Ular – India

Orang India Kuno percaya bahwa bumi ini berada di atas tubuh dari beberapa hewan pilihan. Hewan-hewan tersebut memberikan kesimbangan bagi bumi sehingga bumi pun terasa damai dan aman.

Hewan-hewan pilihan tersebut adalah babi hutan dengan gadingnya, ular dengan tujuh kepala, sapi dengan tanduknya, serta 8 ekor gajah yang berdiri di atas tempurung kura-kura.

Nah, ketika hewan-hewan tersebut berganti posisi, maka terjadilah sebuah guncangan akibat pergerakan dari para hewan. Guncangan tersebut dinamakan gempa bumi.

Loki Skandinvia

Karakter Loki yang jahat ternyata tidak hanya muncul dalam film The Avengers saja, lho. Bagi bangsa Skandinavia, Loki merupakan dewa yang gemar membuat keonaran.

Pada suatu ketika, Loki tertangkap tangan telah membunuh Balder yang mana merupakan dewa kecantikan dan cahaya. Nah, sebagai hukumannya, Loki pun dikurung di dalam gua bersama dengan seekor ular berbisa yang diletakan di atas kepalanya.

Ular tersebut terus meneteskan racun setiap saatnya. Ketika racun tersebut sudah memenuhi wadah yang berada di atas kepala Loki, maka racun itu pun akan jatuh menimpa wajahnya. Pada saat itu, Loki pun berontak dan akibatnya bumi pun bergetar hebat.

Lele raksasa, Namazu, – Jepang

Para penduduk di Negara Jepang percaya jika gempa bumi disebabkan oleh gerakan kuat yang dilakukan oleh Namazu. Namazu sendiri merupakan lele raksasa yang telah berhasil disegel oleh Kashima (dewa perang) di lapisan lumpur yang ada di bawah permukaan tanah, tepatnya di sebuah batu.

Nah, apabila segel yang telah dibuat oleh Kashima ini mulai melemah, maka Namazu akan berontak sehingga mengakibatkan terjadinya gempa bumi yang dahsyat.

Dewa Ruaumoko – Selandia Baru

Mitologi yang berkembang di suku asli Selandia Baru, Maori, menyatakan bahwa bumi ini bernama Papatuanuku. Nah, Papatuanuku ini sendiri tengah mengandung seorang dewa bernama “Ru”.

Ketika sang jabang bayi, yakni Ru melakukan gerakan di dalam kandungan seperti menendang, maka kandungannya pun akan bergetar dan mengakibatkan terjadinya gempa bumi.

Bumi demam – Mozambik

Kepercayaan unik ini berasal dari orang-orang Kuno Mozambik. Mereka percaya bahwa bumi ini memiliki karakteristik yang sama dengan manusia. Oleh sebab itu, bumi pun bisa mengalami kondisi sakit.

Nah, gempa bumi sendiri akan terjadi manakala bumi tengah demam. Bahkan, saat merasa riang dan gemetar pun bumi akan turut bergoncang.

Dosa Manusia – Rumania

Legenda bangsa Rumania mengatakan jika bumi bersandar di atas beberapa pilar yang terbangun dari tiga unsur, yakni harapan, kepercayaan, dan amal manusia. Saat amalan baik manusia mulai berkurang, maka pilar-pilar yang lain akan ikut melemah. Apabila ada pilar yang retak atau patah, maka terjadilah goncangan yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Dewa Poseidon yang mengamuk – Yunani

Banyak orang yang tidak tahu bahwa selain menjadi dewa lautan, Poseidon juga menjabat sebagai dewa dari gempa bumi. Uniknya, Poseidon bisa kapan saja membuat bumi bergoncang sesuai dengan kondisi kejiwaannya.

Manakala suasana hatinya sedang bad mood, maka sang dewa akan menghantamkan pusakanya yang berupa trisula ke tanah sehingga timbulah gempa bumi disertai dengan tsunami yang dahsyat.

Legenda babi rusa – Indonesia

Negara Indonesia juga memiliki kepercayaan tersendiri tentang sebab terjadinya gempa bumi. Menurut cerita dari orang Sulawesi, bumi ini sebenarnya berada atau berdiri di atas seekor babi rusa raksasa.

Nah, ketika si babi rusa ini merasa gatal di tubuhnya, maka mereka akan menggosokan tubuhnya ke pohon palm. Saat itulah terjadi peristiwa gempa bumi. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video