fbpx

8 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Anda Coba

8 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Anda Coba

Kuliner khas Bandung.

Belum ke Bandung kalau Anda Tidak Coba 8 Kuliner Khas Ini

Konten.co.id – Bandung terkenal dengan kulinernya yang khas. Tak hanya untuk siang hari, penikmat jajan malam pun bisa menikmati makanan yang bisa dinikmati saat nongkrong pada malam hari di Kota Kembang.

Berkit Konten.co.id kasih info 8 tempat asyik buat kulineran di malam hari :

  • Café Madtari

Bagi Anda yang suka keju, tempat ini merupakan pilihan yang tepat, pasalnya Madtari terkenal gila-gilaan dalam memberi parutan keju di atas tiap hidangannya, bahkan sampai ‘mengubur’ menu utamanya loh!

Dulu Madtari hanyalah sebuah warung tenda biasa di pinggir Jalan Dago, namun karena tergusur oleh pembangunan jalan layang plus pengunjung yang kian membludak, mereka akhirnya membuka kedai permanen.

Hidangan yang menjadi primadona di sini tentunya adalah roti bakar dan mie instan. Ada beragam varian rasa roti bakar seperti roti bakar cokelat, roti bakar keju, roti bakar asin isi kornet dan telur serta mie instan dengan beragam topping.

Jangan khawatir soal harga. Cukup dengan kocek Rp 6500 sampai Rp 22.500 anda bisa kenyang makan di Roti Bakar Madtari.

  • Nasi Uduk 88 Brebes Berhias

Warung nasi yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 43, Pajajaran, Bandung memiliki menu utama nasi uduk. Tapi disini teman makannya yang terbilang lezat. Yaitu burung dara yang disajikan satu ekor penuh dengan seporsi nasi uduk.

Karena persediaannya tak banyak, makanya kita sarankan buat datang lebih awal guys. Pilihan lauk pauk lain juga tersedia di sini, mulai dari ayam, bebek, dan ikan bakar serta seafood yang akan menyempurnakan makan malam Anda.

  • Nasi Kuning Pungkur

Siapa bilang nasi kuning hanya cocok dimakan untuk sarapan pagi hari? Jika ada yang bilang seperti itu, mungkin kami harus membawanya ke Nasi Kuning Pungkur yang terletak di Jalan Pungkur No.216, Ciateul, Bandung.

Beda dengan nasi kuning pada umumnya yang dijual di pagi hari, Nasi Kuning Pungkur justru baru buka pada saat hari sudah malam. Yaitu pukul 20.00 WIB.

Sajian nasi kuning dengan ditaburi orek tempe, suiran telur, dan sambal tentu sudah terbayang lezatnya. Anda juga bisa menambah rendang daging dan jengkol sebagai lauk pendamping.

Nasi Kuning Pungkur juga menyediakan batagor. Uniknya, para pembelinya kreatif. Mereka biasa menjadikan batagor sebagai lauk pendamping nasi kuning. Penasaran? Coba saja sendiri!

  • Soto Bandung Pak Simon

Udara Bandung yang dingin, cocoknya tentu menyantap hidangan berkuah seperti soto. Jika Anda juga memiliki pemikiran tersebut, maka arahkanlah diri Anda ke salah satu sudut kota Bandung untuk merasakan hidangan soto legendaris, Soto Bandung Pak Simon.

Soto Bandung Pak Simon sudah sangat melegenda. Rasanya sudah banyak warga Bandung yang tahu dan mencicipi kelezatan dari Soto Bandung Pak Simon. Lokasinya di Jalan Cibadak yang memang menjadi salah satu sentra kuliner malam kota kembang.

Semangkuk Soto Bandung Pak Simon terdapat nasi, potongan daging, babat, lobak, kacang tanah, seledri, daun bawang, diguyur dengan siraman kuah kaldu yang hangatnya mampu melawan dinginnya malam kota Bandung.

Jangan lupakan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis untuk menambah sensasi kesegaran soto. Aromanya, hangatnya, dan cita rasanya betul-betul indah dan legendaris.

Kedainya baru buka saat hari petang dan tutup tengah malam. Ada baiknya untuk datang lebih awal agar tidak terlalu mengantre.

  • Bubur Ayam Pa Otong

Warung bubur yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 451, Bandung ini terkenal karena legendaris guys. Bubur ayam Pak Otong sudah berjualan sejak tahun 1947. Legend banget kan?

Kedainya sederhana saja. Hanya berupa warung gerobak kaki lima dan memiliki spanduk besar berwarna hijau bertuliskan “BUBUR AYAM PA OTONG” yang menyambut Anda dari kejauhan.

Buburnya cukup berbeda dengan bubur ayam biasa yang menggunakan kecap manis, kuah dan aneka topping. Bubur di sini lebih mirip bubur ayam khas Cina yang polos dengan tambahan ayam dan cakwe.

Namun Anda tetap bisa menambahkan cakwe, cakwe dan ayam, atau paket lengkap dengan ati-ampela. Ada juga pelengkap seperti jeroan ayam, telur, dan aneka sate kulit, sate telur puyuh, dan sate usus.

  • Sekoteng Jahe Cibadak

Warung sekoteng yang terletak di Jalan Cibadak ini adalah yang terenak dan terkenal di seantero Bandung. Semangkuk sekoteng hangat yang terdiri dari kuah gula jahe, potongan kecil roti, kacang, dan potongan biscuit menyempurnakan kuliner malam Anda.

  • Nasi Goreng Bistik Astana Anyar

Siapa yang tak kenal nasi goreng? Bistik? Bagaimana kalau dua makanan tersebut dikombinasikan? Menghasilkan sesuatu yang lezat banget tentunya.

Nasi Goreng Bistik Astana Anyar yang membuatnya. Seporsi nasi goreng khas Indonesia disajikan bersama bistik ayam yang begitu renyah. Kreatif, bukan?

Meski kedengarannya modern, namun Nasi Goreng Bistik ini tidak dijual di restoran mentereng melainkan hanya gerobak di pinggir jalan serta beberapa kursi seadanya.

Namun kelezatan dan keunikannya menjadikan nasi goreng ini salah satu tujuan kuliner malam favorit di Kota Kembang. Makanya jangan kaget saat melihat deretan kendaraan bermotor yang parkir di sekitarnya saat malam hari.

  • Sate & Gule Kambing HM Harris

Kedai yang mulai buka tahun 1974 ini sempat naik daun beberapa waktu lalu karena dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo saat beliau ke Bandung. Secara penampilan, rumah makan ini memang sederhana, namun di dindingnya terpampang foto-foto para pejabat yang pernah bertandang ke sini, mulai dari gubernur, menteri sampai presiden.

Meskipun sate juga tersedia, namun yang paling recommended di sini adalah gule kambingnya. Potongan daging yang besar serta kuah kental yang gurih, asin, manis kaya rempah cocok sekali untuk mengisi perut sekaligus menghangatkan tubuh di malam hari.

Dan yang bikin anda senang, daging kambingnya tidak berbau guys. Sehingga mereka yang tak suka daging kambing mungkin juga akan menyukainya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video