fbpx

5 Jenderal Terhebat Dalam Sejarah

5 Jenderal Terhebat Dalam Sejarah

Ada lima jenderal terhebat sepanjang sejarah dunia.

Ini 5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah

Konten.co.id – Seorang jenderal dikenal sangat berani, mampu memenangkan pertempuran dan disegani banyak orang.

Dari ratusan jenderal, berdasar data dari Index Spectator ada lima jenderal yang terkenal hebat sepanjang sejarah.

  • Alexander Agung kerajaan Macedonian

Membicarakan sejarah penaklukkan maka nama Alexander The Great atau Aleksander Agung adalah yang paling terkenal di antara lainnya. Kiprahnya di dunia peperangan sangat fenomenal bahkan hampir tidak ada seorang pun yang bisa menyamai prestasinya hingga hari ini. Aleksander lahir di Makedonia sebagai pangeran karena ayahnya adalah raja yang bernama Filipus II.

Singkat cerita, kemudian sang ayah meninggal karena dibunuh, Aleksander pun naik tahta menggantikannya. Nah, ketika menjadi raja ini ia melakukan torehan mencengangkan berupa penaklukkan banyak sekali wilayah. Mulai Yunani, Eropa, Persia, bahkan sebagian Asia.

Meskipun begitu hebat, namun penakluk yang berhasil menjadi yang paling hebat sepanjang sejarah ini hanya memerintah selama 13 tahun saja. Si hebat yang taktiknya dipelajari militer seluruh dunia tersebut juga meninggal dalam usia yang cukup muda yakni 32 tahun.

  • Hannibal Barca

Hannibal Barca sangat populer dalam bingkai sejarah Sebelum Masehi (SM).

Ia merupakan panglima perang asal Kartago yang sanggup menghimpun kekuatan dan memukul mundur pasukan militer yang sangat kuat pada masa itu, Kaisar Romawi.

Pengunungan Alpen yang hingga saat ini merupakan benteng alam bagi Italia bahkan berhasil ditembus oleh pasukan Infantri dan kavaleri Hannibal yang terdiri dari satuan berkuda dan gajah.

Strategi Hannibal itu kemudian menjadi acuan para jenderal ketika PD II berkecamuk. Di masa modern, berdasar pengalaman spektakuler pasukan Hannibal menembus Alpen, Italia sampai harus membentuk pasukan penjaga gunung yang tangguh (Alpen Troop).

  • Julius Caesar, Roman Empire

Caesar terkenal karena kemampuan serta kecerdasan taktik perangnya. Dengan jumlah pasukan sebanyak 20 ribu orang ia bisa menaklukkan Eropa

  • Khalid ibn al-Walid, Rashidun Caliphate

Khalid bin Walid adalah seorang panglima perang yang termasyhur dan ditakuti di medan tempur. Ia mendapat julukan “Pedang Allah yang Terhunus”.

Dia adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang karirnya.

Awalnya Khalid bin Walid adalah panglima perang kaum kafir Quraisy yang terkenal dengan pasukan kavalerinya. Pada saat Perang Uhud, Khalid yang melihat celah kelemahan pasukan Muslimin yang menjadi lemah setelah bernafsu mengambil rampasan perang dan turun dari Bukit Uhud, langsung menghajar pasukan Muslim pada saat itu. Namun justru setelah perang itulah Khalid masuk Islam.

Pada masa pemerintahan Abu Bakar, Khalid bin Walid ditunjuk menjadi panglima pasukan Islam sebanyak 46.000, yng mengalahkan tentara Byzantium dengan jumlah pasukan 240.000

  • Genghis Khan, Mongol Empire

Genghis Khan adalah salah satu penakluk paling terkenal di dunia sepanjang sejarah.

Dia adalah Khan Agung pertama sekaligus pendiri Kekaisaran Mongolia. Kekaisarannya menguasai China dan hampir ke Eropa. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video