2020, Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi 400 Ribu Orang

2020, Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi 400 Ribu Orang

Bidikmisi diganti KIP Kuliah.

2020, Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi 400 Ribu Orang Mahasiswa

Konten.co.id – Bidikmisi kini diperluas menjadi KIP kuliah. Sementara beasiswa untuk mahasiswa dengan prestasi akademik, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dihapus setelah ada KIP Kuliah.

“Tahun depan, pemerintah akan menyediakan kuota sebanyak 400.000 beasiswa KIP Kuliah untuk mahasiswa tidak mampu. Jadi beasiswa Bidikmisi yang ada saat ini, kita perluas cakupannya melalui KIP Kuliah,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Selasa (16/7/2019).

“Tahun depan, kuota beasiswa untuk 400.000 KIP Kuliah. Presiden Jokowi menargetkan pada 2024, ada setidaknya dua juta kuota beasiswa KIP Kuliah,” kata dia.

Kuota 400 ribu mahasiswa untuk beasiswa KIP kuliah ini lebih banyak dibandingkan beasiswa Bidikmisi yang tahun ini hanya menyediakan kuota bagi 130.000 mahasiswa tidak mampu.

Pemerintah juga menambah anggaran Rp2,6 triliun untuk perluasan program beasiswa melalui KIP Kuliah dalam upaya meningkatkan akses siswa dari keluarga tidak mampu untuk menikmati pendidikan tinggi.

“Dulu Bidikmisi membidik anak-anak yang tidak mampu yang diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tapi dengan KIP Kuliah diperluas tidak hanya PTN tapi juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” katanya.

“Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterima di perguruan tinggi langsung dapat melanjutkan pendidikan dengan beasiswa menggunakan KIP Kuliah,” tukasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *