fbpx

Toronto Raptors Juara NBA

Toronto Raptors Juara NBA

Kemenangan ini menjadikan Torontor Raptors juara untuk pertama kali setalah dua puluh tahun.

Toronto Raptors, Klub Kanada Pertama Juara NBA

Konten.co.id – Toronto Raptors menjadi tim pertama di luar Amerika Serikat yang berhasil menjadi juara kompetisi bola basket paling populer di muka Bumi, NBA.

Mereka berhasil mematahkan mimpi Golden State Warior untuk melakukan three peat, alias juara tiga kali beruntun yang menjadi lawan mereka di partai final. Keberhasilan Raptors ditentukan pada gim ke-6. Kawhi Leonard dkk. menang 114-110 di Oracle Arena, kandang Warriors, untuk menambah keunggulan menjadi 4-2 dalam best of seven series finals.

Warriors yang jelas tak ingin lawan merayakan kemenangan di kandang mereka memberikan perlawanan hebat. Apalagi itu adalah laga terakhir mereka di Oracle Arena. Musim depan Warriors pindah ke Chase Center di San Franscisco.

Namun absennya forward Kevin Durant karena cedera disusul cederanya guard Kyle Thompson pada kuarter ketiga laga tersebut, terbukti memperlemah mereka. Stephen Curry tak sanggup menanggung beban sendirian.

Gagal masuknya bola lemparan tiga angka Curry pada detik-detik dan keberhasilan Leonard memasukkan dua lemparan bebas, memberi kemenangan bagi Raptors.

Para pemain, juga Warga Toronto yang nonton bareng pertandingan tersebut di Yonge-Dundas Squares, langsung melonjak kegirangan menyambut kedatangan trofi Larry O’Brien ke kota mereka.

Bintang Raptors pada final ini adalah forward Kawhi Leonard. Diserang penyakit aneh pada awal musim sehingga penampilannya di lapangan dibatasi, pemain berusia 27 tahun itu menunjukkan kebintangannya pada babak playoff hingga final.

Selain trofi NBA, Leonard, yang malam itu mencetak 22 poin dan 6 rebound, menerima piala Bill Russell sebagai Finals MVP, alias pemain terbaik sepanjang penyelenggaraan final NBA. Secara rata-rata, ia mencetak 25,8 poin, 9,8 rebound, dan 4,2 assist.

Leonard pun masuk kelompok elit pemain yang bisa menjuarai NBA bersama dua klub berbeda. Lima tahun lalu ia pernah menjuarai NBA bersama San Antonio Spurs. Hanya dua pemain legendaris lain yang pernah melakukannya, yaitu Kareem Abdul-Jabbar (Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers) dan LeBron James (Miami Heat dan Cleveland Cavaliers).

“Untuk inilah saya bermain bola basket. Demi inilah saya bekerja keras,” tegas Leonard.

Ia akan menjadi free agent–pemain yang kontraknya telah habis dan bebas pindah ke klub manapun–pada musim panas ini. Namun ia menyatakan belum mau membahas soal itu. “Saya akan menikmati ini bersama teman-teman setim dan pelatih, baru kemudian memikirkan soal itu,” kata Leonard.

Keberhasilan Raptors ini juga membuktikan berhasilnya strategi yang dijalankan oleh presiden klub tersebut, Masai Ujiri. Setelah gagal di playoff musim lalu, ia melakukan perombakan besar-besaran, yang tampak seperti sebuah perjudian besar.

Ia memecat mantan pelatih terbaik NBA, Dwane Casey, menggantikannya dengan Nick Nurse, asisten Casey. Pemain terpopuler Raptors, DeMar DeRozan, ditukarnya dengan Leonard.

Strategi yang sempat dipertanyakan banyak penggemar Raptors itu ternyata membawa hasil. Ujiri bisa bernapas lega dan namanya pun menjadi harum. Bahkan Washington Wizards dikabarkan telah menyiapkan tawaran gaji 10 juta dolar AS per tahun, ditambah saham klub, kepada Ujiri agar ia mau menjadi presiden klub tersebut.

Sementara, Nurse menjadi orang kesembilan yang berhasil membawa timnya juara NBA pada tahun pertamanya sebagai pelatih. “Ini adalah 12 bulan yang melelahkan. Saya hanya mencoba maju selangkah-selangkah. Tak mau melihat terlalu ke depan,” kata Nurse dilansir ESPN.

Ia kemudian berkontemplasi, mengingat kembali segala kesulitan yang dialami pasukannya sepanjang musim, termasuk para pemain yang bergantian cedera. Nurse juga memuji performa para pemainnya sepanjang NBA Finals. “Anda harus memanfaatkan orang yang anda miliki dan terus bermain dan mengaturnya sebaik yang anda bisa,” ujarnya.

“Tak diragukan lagi, hal terbaik dari semua ini adalah saya bisa berdiri di pinggir lapangan dan menyaksikan mereka bermain dari dekat. Luar biasa,” tandasnya.
(*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video