TNI Ungkap Penyelundupan BBM ke Timor Leste

TNI Ungkap Penyelundupan BBM ke Timor Leste

TNI gagalkan upaya penyelundupan ribuan liter BBM ke Timor Leste.

TNI Gagalkan Penyelundupan BBM ke Timor Leste

Konten.co.id – Aparat TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur, Yonif Raider 408/Sbh, menggagalkan penyelundupan ribuan 1445 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Dari 1445 liter memiliki rincian 1410 liter minyak tanah dan sisanya solar. Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo mengatakan, BBM itu diamankan di tiga tempat berbeda.

Joni mengatakan, BBM tersebut dimasukan ke dalam jeriken berbagai ukuran dan ditimbun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kemudian akan diselundupkan ke Timor Leste.

Penyelundupan ini digagalkan pertama oleh Pos Nunura Kipur 2 di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu. Kemudian yang kedua digagalkan oleh Pos Delomil Kipur 2 di area hutan larangan Dusun Delomil, Desa Lamaksenulu, Kecamatan Lamaknen, Belu.

Selanjutnya yang ketiga digagalkan oleh Pos Motaain PLBN Kipur 1 di Pantai Pasir Putih, Desa Kakuluk Mesak, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu.

“Awalnya anggota pos menerima informasi tentang adanya oknum masyarakat yang akan melakukan kegiatan ilegal penyelundupan BBM ke Timor Leste, melalui jalan tikus dan pantai yang ada di perbatasan, sehingga anggota bergerak cepat mengagalkan penyelundupan BBM itu,” ungkap Joni, Minggu (23/6/2019)

Upaya penggagalan penyelundupan ini dilakukan karena karena ada kedekatan dan kepercayaan masyarakat kepada Satgas untuk bersama-sama mencegah berbagai tindakan yang merugikan dan membahayakan mereka.

Keberhasilan menggagalkan penyelundupan 1.410 liter BBM jenis minyak tanah dan solar ini merupakan akumulasi yang berhasil digagalkan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh seminggu kebelakang.

“Barang bukti yang berhasil kami amankan ini masih berada di Mako Satgas, sampai menunggu petunjuk selanjutnya dari pimpinan,” ujarnya.

Kehadiran Satgas Yonif Raider 408/Sbh di perbatasan RI-RDTL, lanjutnya, sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya berbagai kegiatan ilegal di wilayah tersebut. Termasuk tindak kejahatan yang bersifat lintas negara.

“Kami berkomitmen akan terus membantu masyarakat dan pemerintah serta berbagai instansi terkait lainnya dari berbagai upaya kejahatan atau kegiatan ilegal lainnya yang melalui lintas batas negara. Kami juga senantiasa bersama-sama dengan masyarakat, karena sesungguhnya tugas pengamanan di wilayah perbatasan ini dapat berjalan dengan baik, jika melibatkan masyarakat maupun berbagai instansi terkait lainnya,” tandasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *