fbpx

Surat Suara Tercoblos Tidak Terbukti

Surat Suara Tercoblos Tidak Terbukti

Mahkamah Konstitusi (MK) menilai surat suara tercoblos tidak terbukti kebenarannya.

Dalil BPN Kembali Mentah, Surat Suara Tercoblos Tidak Terbukti

Konten.co.id – Mahkamah Konstitusi (MK) menilai, dalil surat suara tercoblos tidak terbukti kebenarannya.

Dalam beberapa alat bukti yang diajukan, kubu 02 melampirkan beberapa rekaman video yang diklaim menujukkan surat suara dicoblos oleh petugas KPPS. Alat bukti itu diregistrasi sebagai P-140 DD, P-140 EE, dan P-140 KK.

“Mencermati video tersebut mahkamah memperoleh fakta hukum terhadap alat bukti bertanda P 140 DD yang menggambarkan 1 surat suara di RT 05 Kelurahan Cipondoh Makmur yang tercoblos untuk 01,” kata hakim MK Enny Nurbaningsih, di Gedung MK, Kamis (27/6/2019).

Hanya saja, lanjut Enny, mahkamah tak menemukan fakta lanjutan terkait hal itu. Sehingga terhadap bukti-bukti tersebut, menurut Enny, tidak beralasan menurut hukum.

“Sedangkan P 140 KK menunjukan seseorang mempertontonkan 4 surat suara tercoblos 01, akan tetapi juga tak ada penjelasan lebih jauh tempat kejadian dan peristiwa tersebut apakah surat suara rusak atau sebaliknya,” kata dia.

“Bahwa atas fakta hukum di atas mahkamah tak memperoleh keyakinan bahwa adanya surat suara yang tercoblos dalam bukti P 140 DD dan P 140 EE dan P 140 KK memiliki korelasi dengan dalil pemohon. Dengan demikian dalil pemohon tak beralasan menurut hukum,” ucapnya.

Selain dalil mengenai ada surat suara yang dicoblos, kubu 02 juga menyebut adanya kotak suara yang sengaja dibuka bukan oleh petugas yang seharusnya. Dalil itu didukung dengan alat bukti nomor P 140 GG berupa rekaman video.

Akan tetapi menurut MK hal itu tak terbukti secara hukum. Sebab setelah melihat video tersebut, kata Enny, mahkamah mendapati fakta hukum bahwa dalam video itu ada seseorang yang menjelaskan ada kotak suara terbuka di Karanganyar, Pandeglang.

Namun, kotak suara tersebut dalam kondisi terbuka, bukan sengaja dibuka.

“Dibuka atau terbuka itu jelas berbeda. Dengan demikian, dalil permohonan pemohon tak beralasan secara hukum,” pungkasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video