Siswa SMK Ciptakan Robot Polisi

Siswa SMK Ciptakan Robot Polisi

Karya cipta robot ini didedikasikan untuk polisi, dalam rangka HUT Bhayangkara.

Terinspirasi Aksi Heroik Polisi, Siswa SMK Ciptakan Robot Polisi

Konten.co.id – Sejumlah siswa jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) SMK Karya Utama, Karawang, Jawa Barat tengah memacu kreativitas mereka untuk membuat sebuah patung robot dengan berbahan onderdil motor bekas.

“Motor-motor bekas itu ia peroleh dengan cara membeli dari warga. Kami membuat itu (robot polisi) dari onderdil motor-motor itu (bekas) sisa praktik. Tapi ada beberapa onderdil yang kami beli,” kata Maryam, salah satu siswa, Rabu (26/6/2019).

Patung yang dikerjakan sejak 16 Juni 2019 ini ditargetkan rampung pekan depan. Robot tersebut memiliki bobot sekitar satu ton dengan tinggi 175 sentimeter dan lebar 80 sentimeter. Robot itu, sejatinya akan dihadiahkan kepada polisi dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-73.

Meski sudah siap dengan bentuknya, tapi siswa SMK Karya Utama belum memberikan nama. “Kami belum menyiapkan nama, namun berbentuk polisi yang menggendong seorang anak perempuan. Ini sebagai simbol polisi mengayomi masyarakat,” kata Sudarto, Kepala SMK Karya Utama.

Dalam membuat patung polisi tersebut, Pihaknya mengaku terinspirasi dari aksi Bripka Safeul Senja Putra, anggota Bhabinkamtibmas yang menggendong sejumlah anak kecil untuk membantu mereka menyeberang sungai.

Aksi Safrul lalu ramai dibicarakan karena membantu warga Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. “Kami akan buat ornamen – ornamen air di kaki patung robot ini,” kata Sudarto.

Sudarto mengaku bersukur banyak pihak yang medukung, mulai dari komite sekolah, polisi, hingga masyarakat

Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra apresiasi hal tersebut. Robot polisi tersebut bakal dipajang di Polres Karawang, namun masih menunggu ijin dari Bupati Karawang terlebih dahulu.

“Ini bisa menjadi icon tersendiri bagi Karawang. Juga menjadi stimulus bagi siswa dari sekolah lain untuk berkarya,” katanya.

SMK Karya Utama Karawang dikenal sebagai sekolah yang menampung anak yatim dan kurang mampu di Karawang. Saat ini jumlah siswa di sekolah itu mencapai 107 siswa. Berdiri pada tahun 1997, SMK Karya Utama saat ini memiliki 3 kelas dan 18 orang guru. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *