Ribuan Warga Hong Kong Tutup Rekening Bank

Ribuan Warga Hong Kong Tutup Rekening Bank

Warga Hong Kong tutup akun bank lantaran tidak percaya RUU ekstradisi.

Tidak Percaya RUU, Warga Hong Kong Tutup Akun Bank

Konten.co.id – Sejumlah warga Hong Kong menutup akun di bank modal asal Tiongkong yang berada di Hong Kong. Hal ini menyusul aksi protes warga Hong Kong terhadap RUU ekstradisi.

Yuan Chen Jinmei, seorang aktivis sosial Hong Kong mengaku, ia sudah menutup akunnya. Disana, lanjutnya, banyak orang Hong Kong lain yang melakukan hal yang sama. Baik menutup akun maupun beralih ke mata uang asing, tindakan ini didasarkan pada kekuatiran yang sama.

“Saat menunggu, ada lima orang sebaya saya yang juga mau menutup akun. Kami memiliki konsensus yang sama, yaitu harus menaruh uang di bank asing lain, atau setidaknya bank lokal Hong Kong. Pokoknya, saya tidak ingin lagi menaruhnya di bank-bank Tiongkok. Banyak dari mereka adalah orang Daratan. Usul lain adalah menukar dolar Hong Kong dengan dolar AS,” katanya.

“Alasan utamanya adalah RUU Ekstradisi yang membuat saya tidak percaya lagi pada Daratan Tiongkok. Partai Komunis Tiongkok dapat datang menangkap orang kapan saja, dapat mengeluarkan pernyataan palsu dan bukti palsu kapan saja, karena itu (PKT) tidak bisa dipercaya,” ungkap Yuan Chen Jinmei.

Yuan Chen Jinmei juga menghimbau pada masyarakat Taiwan agar tidak lagi mempercayai trik Partai Komunis Tiongkok setelah melihat situasi di Hong Kong saat ini.

“Mau pakai istilah kembali, atau persatuan, apa saja, itu tidak penting. Jika tidak ada aturan hukum yang adil, jika kita berjalan bersamanya, maka itu akan gagal. Hong Kong adalah sebuah contoh yang baik,” tambahnya.

Selain itu, beberapa mahasiswa Hong Kong telah bercuit di Twitter, menghimbau gerakan “menarik uang dari bank-bank Tiongkok” ini dan mulai viral di internet dengan ratusan orang meneruskan cuitan mereka. (*)

Penulis : Ade indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *