Pulau Jawa Membeku

Pulau Jawa Membeku

Akibat suhu mencapai dibawah minus, Pulau Jawa membeku.

Suhu Turun Drastis, Jawa Membeku

Konten.co.id – Cuaca ekstrim melanda tiga provinsi di Pulau Jawa. Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat mengalami suhu yang cukup ekstrem.

Sebagai contoh, di Kabupaten Garut suhu udara mencapai 13 derajat celcius dari Senin (24/6/2019) dini hari hingga siang hari. Namun saat malam hari suhu 20 derajat celcius.

“Cukup dingin dan membuat kita yang beraktivitas harus menggunakan jaket karena dinginnya emang lumayan ‘nusuk’ banget,” kata Wisnu (26) warga Tarogong Kidul, Kabupaten Garut kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

Hal serupa terjadi di Malang, Jawa Timur. BMKG Karangploso, Kabupaten Malang mencatat suhu terendah di kawasan tersebut mencapai 14 derajat celsius.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Kabupaten Malang, Aminudin mengatakan pada musim kemarau tahun ini suhu udara cukup dingin dan hampir mirip dengan kemarau 20 tahun lalu.

Pihaknya mengatakan, iklim yang semakin bagus itu dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di area Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang.

“Ini pengaruh lingkungan dan manusia juga,” katanya.

Di kawasan Dieng, Jawa Tengah, cuaca dingin sangat terasa. Pada Senin (24/6/2019) pagi tadi, tercatat suhu udara disana mencapai minus 11 derajat celcius. Bahkan rumput di kawasan tersebut membeku.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhi mengatakan, suhu udara terendah tercatat sekitar pukul 06.00 WIB di kompleks Candi Arjuna.

“Info dari teman-teman Pos PVMBG Dieng, untuk tadi pagi pukul 06.00 WIB suhu tercatat minus 11 derajat celcius, karena lokasinya merupakan cekungan kumpulan embun,” kata Setyoajie, dilansir dari Kompas.com. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *