fbpx

Pemprov NTT Luncurkan Miras Lokal Sophia

Pemprov NTT Luncurkan Miras Lokal Sophia

Sophia merupakan miras hasil gabungan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT)

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemprov NTT Luncurkan Miras Sophia

Konten.co.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi meluncurkan minuman keras (miras) lokal dengan kadar alkohol 35 hingga 40 persen bermerek Sophia (Sopi Asli), Rabu (19/6/2019).

Sophia sendiri merupakan kerja sama antara Pemprov NTT dan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dilansir Tempo, Kamis (20/6/2019) mengatakan Sophia dibuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Penjualan miras ini untuk ekonomi masyarakat lebih baik lagi di masa mendatang. Kita juga bisa buat miras lokal dan khas Indonesia,” kata dia.

Sementara Rektor Undana Kupang Frederik Benu mengatakan, Sophia hadir sebagai bentuk tanggungjawab universitas terhadap pembangunan NTT. Serta bentuk komitmen Undana dengan Menteri Pendidikan untuk menghasilkan inovasi berupa produk komersial yang difasilitasi Pemprov NTT.

“Kami punya tanggungjawab moril terhadap pembangunan di NTT. Rencananya ada tiga jenis Sophia yang dihasilkan, tetapi saat ini baru dua. Ini jadi momen bersejarah bagi NTT dan Undana,” katanya.

Terkait Sophia , Undana hanya menghasilkan produk yang berkualitas demi pembangunan di NTT. Terkait pemasaran, menjadi tugas pihak distributor atau swasta yakni PT NAM sesuai MoU.

Tim penelti Dodi Kusuma mengatakan, untuk melakukan riset pihaknya membutuhkan waktu lama dengan melibatkan empat profesor ahli Undana. Namun untuk menghasilkan satu botol Sophia butuh waktu empat jam.

Sophia merupakan hasil olahan minuman khas dari Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Selain minuman asal Insana, timnya juga sudah mendatangkan minuman lokal dari daerah lain seperti, arak Adonara , arak Aimere dan sopi Pura Alor. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video