KPU Serahkan 272 Kontainer Berkas PHPU

KPU Serahkan 272 Kontainer Berkas PHPU

Sidang PHPU Pilpres akan diselenggarakan Jumat (14/6/2019).

KPU Serahkan 272 Kontainer Berkas PHPU

Konten.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019).

Hal ini dipastikan dengan telah dikirimkannya 272 kontainer berkas jawaban sengketa PHPU 2019 ke MK, Rabu (12/6/2019).

“KPU menyerahkan 272 kontainer berkas jawaban sengketa PHPU 2019 ke Mahkamah Konstitusi, Rabu (12/06). Sidang perdana PHPU Pilpres diselenggarakan Jumat 14 Juni 2019.” begitu cuitan akun Twitter resmi KPU RI, Rabu (12/6/2019).

Hal ini pun ditanggapi netizen seperti dari akun @LukmanHardy.”Josss kalo sudah se profesional n se transparan seperti ini masih ad yg baper. Yah mmg sudah ga bisa d obati lagi. Dokter wajib turun tangan maju terus KPU.” cuitannya.

Untuk menyaksikan sidang tersebut, MK pun menyediakan tempat khusus nonton bareng bagi masyarakat. Juru Bicara MK Fajar Laksono menyampaikan tempat ini disediakan karena jumlah pengunjung ruang sidang dibatasi.

“Yang bisa menyaksikan persidangan itu dibatasi masing-masing pihak itu kursi lima belas orang maksimal. Sementara pengunjung persidangan kita sediakan di tenda-tenda yang kita sediakan,” kata Fajar.

MK membuat dua tenda disertai layar besar untuk nobar persidangan di luar gedung. Selain itu MK juga berencana menayangkan persidangan di megatron di Kantor RRI dan Kemenhub.

Fajar juga menyampaikan persidangan bakal disiarkan secara langsung di situs resmi MK. Beberapa stasiun televisi nasional juga akan menyiarkan secara langsung.

“Terbuka semuanya bagi publik. Hanya saja untuk kepentingan kelancaran persidangan, kita membatasi jumlah orang yang masuk ke ruang sidang,” tuturnya.

Sementara itu, TNI-Polri akan mengerahkan 12 ribu personelnya untuk pengamanan sidang.

Personel gabungan TNI-Polri tersebut ditugaskan khusus untuk pengamanan di sekitar gedung MK. Begitupula di titik-titik kerawanan lainnya.

“Keseluruhan itu berjumlah lebih-kurang 47 ribu yang kami siapkan. Itu dengan polres-polres yang ada, kemudian juga kodim-kodim yang ada,” ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono.

Kepolisian juga akan melakukan rekayasa lalu lintas saat sidang sengketa Pilpres 2019 yang diajukan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga berlangsung di MK. Nantinya, sepanjang Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara, hingga Jalan Gajah Mada akan ditutup.

“Itu kami lakukan penutupan jalan supaya memberikan rasa aman dan nyaman juga yang melakukan persidangan baik termohon, pemohon, ketua, dan masyarakat. Tentu kami antisipasi lah,” jelas Gatot. (*)

Penulis : Ade Indra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *