Khofifah Berencana Bangun Taman Sains Islam

Khofifah Berencana Bangun Taman Sains Islam

Indonesia Islamic Science Park (IISP) dibangun untuk menumbuhkan semangat belajar masyarakat Islam Jawa Timur

Ingin Islam Maju, Khofifah Siap Bangun Taman Sains

Konten.co.id – Pemprov Jawa Timur akan membangun Indonesia’s Islamic Science Park (IISP) di sekitar kawasan Jembatan Suramadu, di sisi Madura.

Untuk membangun taman tersebut dibutuhkan lahan seluas 101 hektar.

“Kami ingin bahwa di kaki Madura ada Indonesia Islamic Science Park,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (19/6/2019).

Lahan 101 hektar tersebut, kata Khofifah, akan terbagi dengan 20 persen untuk edukasi, 30 persen untuk seni dan 50 persen untuk wisata.

Pembangunan kawasan bakal dilakukan secara bertahap. Mengingat saat ini pihaknya baru memiliki lahan 60 hektar.

“Kita bisa bangun 10 hektare dulu. Kemudian kita tambah lagi, dan masih ada opsi reklamasi. Karena reklamasi kewenangan Pemprov, untuk persiapan reklamasi saya sudah koordinasi dengan Pak Luhut,” ujarnya.

Khofifah menjelaskan, prototipe IISP di antaranya Islamic Museum dan perpustakaan. Desainnya akan dibuat ramah milenial dan serba digital.

Bangunan museum IISP nantinya akan berbentuk piramida dengan format kearifan lokal.

“Tapi basically, kami ingin memanggil keuangan syariah dunia. jadi basis dan visi besarnya kami ingin panggil dan jadikan IISP sebagai gravitasi keuangan syariah dunia dan jadi sentranya ada di Indonesia, dan Jawa Timur di bagian pintu masuk Madura,” kata dia.

“Kami harap IISP akan jadi sentra diseminasi Islam secara internasional dengan Islam wasathiyah, Islam garis tengah, Islam yang penuh damai, Islam yang penuh kasih,” pungkasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *