Karies Gigi Disebabkan Ulat Ternyata Mitos

Karies Gigi Disebabkan Ulat Ternyata Mitos

Karies gigi terjadi karena gula yang berlebih dan mengendap didalam gigi.

Cek Fakta, Karies Gigi Disebabkan Ulat Ternyata Mitos

Konten.co.id – Jagat sosial media digegerkan dengan informasi kalau karies gigi dan gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi.

Dalam unggahan dalam media sosial Facebook tersebut juga ditampilkan gambar yang dinarasikan mendukung pernyataan dari unggahan tersebut disertai dengan tata cara mencegah gigi berlubang dan mengeluarkan ulat gigi.

Namun semuanya dipastikan hoaks. Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc selaku Divisi on Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia mengatakan Gula memiliki peran yang penting dalam membuat gigi berlubang. Katanya ada hubungan antara gula dan proses terjadinya gigi berlubang.

“Gula yang kita konsumsi diubah oleh 20 miliar mikroorganisme dalam mulut sebagai asam yang mengubah kondisi pH mulut. Inilah di mana proses pembentukan karies pun terjadi,” papar Mirah.

Meski demikian, karies dan gigi berlubang dapat dicegah. Caranya adalah dengan membatasi asupan gula sesuai kebutuhan tubuh, sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur serta pemeriksaan kesehatan gigi secara rutin. (*)

Penulis : Kharisma
Editor: Azzahra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *