Ini Alasan Luhut Bersedia Menjamin Soenarko

Ini Alasan Luhut Bersedia Menjamin Soenarko

Kedekatan secara pribadi dengan Soenarko sebagai mantan anak buahnya di Kopassus, menjadi salah satu alasan di balik kesediaan Menko Luhut menjamin penangguhan penahanan eks Danjen Kopassus itu. Selain Luhut, penjamin lainnya ialah Panglima TNI Marsekal Hadi Muljanto.

Menko Luhut Ungkap Alasan Dibalik Kesediaannya Menjamin Soenarko

Konten.co.id – Salah satu penjamin penangguhan penahanan mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, ungkap alasan di balik kesediaannya memberikan jaminan.

Soenarko dinilai kooperatif saat menjalani pemeriksaan di rutan POM Guntur, Jakarta Selatan. “Dia kooperatif saat menjawab pertanyaan penyidik. Itu alasannya,” kata Luhut, dikutip dari Antara, Sabtu (22/6).

Kedekatan dirinya dengan Soenarko, juga menjadi faktor lain kesediaannya menjadi penjamin. “Dia itu ‘kan dulu bekas anak buah saya,” sambung Luhut.

Luhut mengaku telah berkomunikasi langsung dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengenai hal ini. Menurutnya, Kapolri tidak mempersoalkan itu. “Nggak. Kapolri nggak persoalkan itu. Karena keterangan yang diberikan Soenarko sudah cukup,” ujar Luhut.

Sementara itu, saat memberikan pernyataan di Mabes Polri, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan bahwa permohonan penangguhan penahanan yang diajukan kuasa hukum Soenarko sudah diterima.

“Sudah diterima, ya. Pengajuan permohonan penangguhan yang dilakukan kuasa hukum Pak Soenarko, sudah diterima. Panglima TNI dan Menko Maritim yang jadi penjamin,” katanya, Jumat (21/6).

Seperti telah diketahui sebelumnya, permohonan pengajuan penangguhan penahanan untuk mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko, telah dikabulkan Polri.

Ada dua tokoh nasional yang menjadi penjamin. Selain Luhut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menjadi penjamin Soenarko. (*)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *