Gaji Komisaris Pertamina Rp 3,25 Miliar/Bulan

Gaji Komisaris Pertamina Rp 3,25 Miliar/Bulan

Gaji Komisaris Pertamina mencapai Rp 3,25 miliar tiap bulannya. Uang sebanyak itu mau dipake apa ya guys?

Bikin Ngiler, Gaji Komisaris Pertamina Rp 3,25 Miliar/Bulan

Konten.co.id – PT Pertamina (Persero) merilis laporan kinerja keuangan perusahaan di 2018. kompensasi untuk manajemen yang berupa gaji dan imbalannya pun cukup besar. Yaitu mencapai US$47,23 juta atau setara Rp 671 miliar.

Adapun susunan direksi Pertamina saat ini adalah 11 orang, sementara untuk komisaris di 2018 mencapai 6 orang. Artinya, jika dibagi rata ke 17 orang, masing-masing bisa mengantongi hingga Rp 39 miliar setahun atau Rp 3,25 miliar per bulan.

Jika dibandingkan, besaran gaji bulanan tersebut rupanya hampir sama dengan gaji atahunan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Amerika Serikat (AS), yang mencapai Rp 3,2 miliar per tahun, yang mana, menurut laporan Layanan Penelitian Kongres (CRS) AS besarannya belum naik sejak 2009.

Kalau dibandingkan dengan ketua DPR di Indonesia, memang besaran gaji bulanan manajemen Pertamina ternyata masih lebih tinggi.

Apabila ditotal, seorang anggota DPR bisa mengantongi gaji lebih dari Rp 50 juta setiap bulannya termasuk dengan gaji tunjangan maupun insentif lainnya. Penghitungan tersebut bahkan belum termasuk pensiunan anggota DPR yang diterima seumur hidup.

Namun jika ingin dibandingkan dengan gaji Presiden Joko Widodo, yang merupakan pemimpin tertinggi negara. Nilai gaji dan tunjangan Jokowi adalah Rp 62,74 juta per bulan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001.

Tidak heran, dengan gaji yang sebesar itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sanggup membeli sepatu-sepatu mahal, yang harganya tidak tanggung-tanggung, atau bahkan bolak-balik melakukan pelesiran ke luar negeri.

Namun, sebagai catatan, besaran gaji direksi dan komisaris berbeda. Untuk gaji Direktur Utama ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan oleh Menteri BUMN selaku RUPS PT Pertamina (Persero).

Sementara, gaji anggota direksi lainnya ditetapkan dengan komposisi Faktor Jabatan, yaitu sebesar 85% dari gaji Direktur Utama. Honorarium Komisaris Utama adalah sebesar 45% dari gaji Direktur Utama. Honorarium Wakil Komisaris Utama adalah sebesar 42,5% dari Direktur Utama. Honorarium Anggota Dewan Komisaris adalah 90% dari honorarium Komisaris Utama. (*)

Penulis : Ade Indra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *