Dari Asep, Untuk Dunia!

Dari Asep, Untuk Dunia!

Bupati Garut Rudi Gunawan juga mendapat gelar Asep dari Paguyuban Asep Dunia.

Dari Asep, Oleh Asep, Untuk Dunia!

Konten.co.id – Ribuan orang bernama Asep berkumpul di Gedung Pendopo Garut, Minggu (23/6/2019).

Mereka mengadakan silaturahmi dan halal bihalal. Pertemuan yang diadakan Paguyuban Asep Dunia ini bukan yang pertama diselenggarakan.

Dalam pertemuan tersebut Perkumpulan Asep Dunia mengaku siap berperan dalam membangun bangsa Indonesia agar lebih maju dengan selalu menjalin kebersamaan, persaudaraan dan saling membantu sesama anak bangsa terutama yang memiliki nama Asep.

“Kita punya komitmen ‘Ti Asep,
Ku Asep, Keur Indonesia’ (Dari Asep, oleh Asep untuk Indonesia) artinya bahwa Asep harus punya peran yang baik untuk Indonesia,” kata Ketua Paguyuban Asep se-Priangan Timur, Asep Jaelani disela acara.

Seluruh anggota Paguyuban tersebut diharapkan bisa saling membantu dan mendukung satu sama lainnya sehingga para Asep bisa maju, dan sejahtera, terutama dalam membangun bangsa dan negara.

Ia mengatakan pihaknya ingin terus melestarikan nama Asep. Hal ini lantaran sudah semakin jarang orang tua yang memberi nama anaknya Asep karena dinilai terlalu tradisional.

“Padahal artinya bagus. Asep itu nama panggilan kasih sayang untuk laki-laki, selain ada Ujang. Kalau perempuan Nyai. Kami bangga dengan nama Asep yang diberikan oleh orang tua,” ucapnya.

Pada acara ini, lanjutnya, bukan hanya dihadiri Asep dari tatar sunda. Namun juga ada yang berasal dari Aceh, Kalimantan dan Batam.

Bahkan, dari hasil penelusurannya ada nama Asep yang tinggal di Kanada. Namun untuk identitas pastinya masih belum jelas.

“Apakah Asep di Kanada itu memang orang Sunda yang menetap di sana atau bukan. Tapi hasil penelusuran ada yang tinggal di Kanada,” ucapnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengapresiasi Paguyuban Asep Dunia yang menjaga nama khas dari Jawa Barat ini. Bahkan ia menilai pemilik nama Asep juga memberi banyak kontribusi bagi Kabupaten Garut.

Seperti Asep Stroberi yang juga jadi ciri khas Kabupaten Garut. “Asep ini memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Garut,” katanya.

Sementara itu, Rudy mendapatkan penghormatan dari Paguyuban Asep se- dunia dengan menobatkan nama Asep. “Saya juga Asep Rudy karena dulu Rudy dianggap bukan orang Sunda,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *