Bicara Sendiri, Tanda Sehatnya Jiwa

Bicara Sendiri, Tanda Sehatnya Jiwa

Berbicara sendiri merupakan tanda jiwa anda sehat

Sering Bicara Sendiri? Itu Berarti Jiwa Anda Sehat

Konten.co.id – Apa anda pernah melihat orang yang sedang berbicara sendiri? Pasti anda menyangka orang itu gila atau tidak waras.

Tapi tahukah anda kalau itu adalah tanda kalau kejiwaan anda sehat? Mengutip Times of India pada Rabu (27/6/2018), seringkali kita berbicara dengan diri sendiri dengan mengeluarkan kata-kata “wah gue telat” “iya kali ya aku salah?”adalah kata-kata yang sering keluar karena itu yang ada di alam bawah sadar kita.

Beberapa ahli mengatakan bahwa cara ini sesungguhnya membantu seseorang untuk mengembangkan pandangan positif. Bahkan, beberapa pakar kesehatan menggunakan praktik berbicara dengan diri sendiri ketika membantu klien mereka.

Ketika kita menceritakan pikiran batin kita pada diri sendiri, bicara sendiri itu mengekspresikan pilihan perilaku, keadaan emosi, hingga pikiran-pikiran yang pernah muncul dalam diri kita.

Sebuah penelitian dilakukan di Michigan State University, Amerika Serikat dengan memonitor aktivitas otak pada 29 mahasiswa. Para peneliti meminta peserta untuk melihat sekilas beberapa gambar yang netral atau membuat mereka tidak nyaman.

Mereka juga diminta untuk menjelaskan bagaimana perasaan mereka saat berbicara sendiri dengan sudut pandang orang pertama dan ketiga. Disimpulkan bahwa mereka yang melakukan “pembicaraan pribadi orang ketiga” memungkinkan peserta untuk bisa mengatur emosi dan menghilangkan stres.

Para ahli mengatakan bahwa hal ini adalah cara sehat untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan menliskan kekuatan Anda, memberikan afirmasi positif, syukuri apa yang didapatkan, berdiri di depan cermin dan katakan keinginan tersebut.

Walaupun Anda tidak menyukainya, namun akan ada perbedaan yang dirasakan secara positif dalam kehidupan jika melakukan ini. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *