fbpx

95 Warga Mali Tewas Terbakar

95 Warga Mali Tewas Terbakar

Etnis Fulani dan Dogon saling serang dan menewaskan 95 orang.

Perang Etnis, 95 Warga Mali Tewas Terbakar

Konten.co.id – Sebanyak 95 orang tewas ketika orang-orang bersenjata menyerbu Mali bagian tengah, Minggu (9/6/2019) waktu setempat atau Senin (10/6/2019) WIB. Seperti dilansir dari FRANCE 24, serangan itu terjadi di Desa Sobane yang beretnis Dogon, wilayah Mopti, Mali.

Para penyerang yang diidentifikasi berasal dari etnis Fulani secara membabi buta membakar desa dan menembak penduduk desa saat berusaha melarikan diri dari kobaran api. Wali Kota Sangha mengatakan, sebanyak 95 orang telah ditemukan dalam kondisi hangus dan beberapa warga desa hilang.

Dikonfirmasi terpisah, Kementerian Pertahanan Mali mengonfirmasi jumlah korban kemungkinan akan bertambah. Seperti diketahui, kelompok Dogon dan Fulani sering bentrok dalam akses terhadap tanah dan air.

Dogon juga menuduh Fulanis memiliki hubungan dengan kelompok jihadis setempat. Sementara Fulanis mengklaim bahwa tentara Mali telah mempersenjatai orang-orang untuk memburu etnis Dogon.

Awal tahun ini, sebanyak 150 penduduk Desa Fulani mengalami pembantaian. Hal itu memicu Pemerintah Mali memecat pejabat militer senior dan membubarkan milisi yang terdiri dari pemburu etnis Dogon.

Beberapa pekan kemudian, seluruh elemen pemerintah mengundurkan diri karena kegagalan melucuti milis sekaligus memukul mundur militan Islam. Kelompok militan Islam terus melancarkan serangan selama enam tahun setelah Prancis membantu pasukan Mali mencegah pemberontakan jihadis di wilayah utara negara itu. (*)

Penulis : Ade Indra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video