fbpx

4 Musim Terbaik Jual Ayam Andalan Peternak

4 Musim Terbaik Jual Ayam Andalan Peternak

Harga murah ayam hidup membuat peternak rugi

Cari Harga Terbaik, 4 Musim Ini Biasanya Jadi Andalan Peternak Ayam

Konten.co.id – Harga ayam hidup kini anjlok. Tercatat mencapai Rp 7 hingga 8 ribu per ekor. padahal di pasar harga per kg daging masih di kisaran Rp 25-30 ribu. Hal Ini membuat peternak ayam panik.

Bahkan anggota Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) menggelar aksi bagi-bagi 6500 ekor ayam hidup gratis di Yogyakarta, Rabu (26/7/2019).

Aksi itu sebagai bentuk protes anjloknya harga jual ayam yang berkepenjangan sejak September 2018 silam hingga pertengahan tahun 2019. “Kami tidak tahu ini permainan siapa, karena biasanya kalau rugi (harga jual buruk) itu cuma dua sampai tiga bulan saja, enggak lama seperti ini,” ujar Ketua Apayo, Hari Wibowo, Rabu (26/6/2019),

Untuk mencari harga terbaik, biasanya para peternak ayam menjual ayamnya di 4 musim ini. Pertama, saat banyak berlangsung hajatan nikah atau mantu. “Kalau orang banyak mantu biasanya harga ayam bagus,” ujar Hari.

Lalu, saat musim liburan sekolah, bulan puasa, dan saat masa lebaran. “Sekarang ini, di 4 momentum itu kami sama sekali juga tidak dapat untung. Makanya kami protes agar pemerintah mau ikut campur,” ujar Hari.

Terkait hal ini, pihaknya meminta pemerintah ikut campur tangan mengendalikan harga jual ayam di kalangan peternak. “Pada sektor hulu, baiknya pengaturan jumlah bibit di seluruh peternak Indonesia terukur bisa terukur. Pemerintah yang tahu kapasitasnya, agar tidak over supply seperti sekarang ini,” ujarnya.

Yang diuntungkan dari anjloknya harga jual ayam di kalangan peternak ini, tutur Hari, hanya kalangan pedagang. Sedangkan sedangkan bagi peternak, tak ada margin keuntungan.

“Pedagang jelas diuntungkan. Kalau di pasar harga daging berada dikisaran angka Rp 30 ribu, di kandang mustinya Rp 20 ribu per kg,” ujarnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video