fbpx

Tujuh Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Tujuh Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Di bulan ramadhan ini kita harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa.

Tujuh Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

Konten.co.id – Seluruh umat Muslim di dunia menyambut Bulan Ramadan dengan gembira. Tak terkecuali di Indonesia. Di bulan suci ini, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Setelah melewati ujian haus dan lapar, kamu jangan buru-buru meminum atau memakan panganan yang tampak menggiurkan di saat berbuka puasa tiba. Karena menjaga kesehatan di bulan puasa merupakan suatu keharusan.

Tak hanya dengan berolahraga dan cukup istirahat, namun juga dengan memperhatikan menu saat puasa dan sahur. Sebab, setelah seharian berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan dan energi.

Saat berbuka kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebagai menu buka puasa.

  • Buah Segar

Pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena kaya serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang. Atau bisa juga memilih buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, anggur dan pir untuk mencegah dehidrasi.

Bisa juga dibuat salad buah agar lebih menggugah selera.

  • Sayur-sayuran

Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Itulah mengapa diperlukan makan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras.

Sayuran yang baik untuk berbuka adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumi tumis sayuran, lalapan, salad sayur, atau dibuat menjadi sop.

  • Madu

Jenis makanan satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan.Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

  • Kurma

Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Makanan satu ini mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah.
Kandungan gula alami yang ada pada kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

  • Ikan

Ikan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

  • Telur

Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur juga gampang dicerna tubuh. Bahkan mengandung protein yang sangat tinggi. Dalam satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino.

  • Yoghurt

Produk susu olahan ini sangat baik untuk menu berbuka puasa karena bernutrisi dan mengenyangkan. Selain itu, yoghurt juga mengandung banyak sumber energi, protein, mineral, serta vitamin sehingga baik untuk sistem pencernaan. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *