Tol Cigatas Berubah Rute

Tol Cigatas Berubah Rute

Tol Cigatas yang awalnya akan mulai dari Cileunyi diubah ke Gedebage.

Tol Cigatas Berubah Rute dari Cileunyi Dipindah ke Gedebage

Konten.co.id – Rute jalan tol Cileunyi, Garut, dan Tasikmalaya (Cigatas) yang saat ini sedang dalam tahap lelang investasi akan berubah. Yang semula dimulai dari Cileunyi, sekarang dari Gedebage.

“Nah dari hasil studi sekarang bukan dari Cileunyi tetapi dari Gedebage. Kemudian ke Majalaya, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar. Jadi sampai ke Banjar,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, Senin (27/5/2019).

Jalan tol sepanjang 126 kilometer tersebut, kata dia, sekarang sedang dilakukan lelang investasi. Hal itu ditempuh, karena apabila mengandalkan dari APBN atau APBD itu anggarannya tidak ada.

“Maka polanya melalui lelang investasi, hasil koordinasi dengan pihak Kementerian PUPR lelang investasi dilakukan pada April hingga September tahun ini. Anggarannya lumayan tinggi diperkirakan mencapai 41 triliun atau 1,5 dari APBD nya provinsi jadi sangat luar biasa karena jalan tol akan dilanjutkan ke Cilacap Jawa Tengah hingga 186 kilometer,” ujar Iwa.

Menurutnya, apabila pembangunan jalan tol ini didukung oleh masyarakat khususnya di 10 kabupaten/kota di Priangan maka investor akan masuk dan jalan tol bisa cepat selesai. Iwa mengatakan, dengan adanya jalan tol, perjalanan dari Bandung ke Banjar bisa mencapai sektar dua jam dan ke Pangandaran tiga jam.

“Kalau perjalanan ke Pangandaran bisa ditempuh di bawah tiga jam insya Allah wisatawan menengah ke atas dipastikan akan datang ke Pangandaran, dan ini berita baik untuk masyarakat Pangandaran termasuk masyarakat di Jabar Selatan bisa menjadi pelaku usaha untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya. (*)

Penulis: Hastama
Editor: Ibrahim

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *