fbpx

Terlanjur Diedarkan, Ada Typo di Uang Kertas $50Australia

Terlanjur Diedarkan, Ada Typo di Uang Kertas $50Australia

Setelah tujuh bulan beredar, kesalahan ketik dalam uang $50 Australia diungkapkan oleh akun media sosial salah satu radio di Australia.

Warga Menemukan Typo di Uang Kertas $50Australia

Konten.co.id –  Bank sentral Australia bertanggung jawab atas kesalahan pengetikan (typo) pada uang pecahan $50 sebanyak 46 juta uang kertas. Sebuah stasiun radio memposting gambarnya di media sosial.

Radio Triple M memposting sebuah foto yang diperbesar dari uang kertas pecahan $50 Australia pada Hari Kamis (9/5/2019). Gambar itu menunjukan kesalahan pengetikan kata “responsibility” menjadi “responsibilty”. Kata tersebut muncul tiga Kali dengan kesalahan yang sama.

Cetakan polimer berteknologi tinggi milik Australia merupakan salah satu cetakan yang paling sulit dipalsukan di dunia, karena tingkat kerinciannya yang luar biasa. Teknologi tersebut telah diekspor ke negara lain.

Reserve Bank of Australia mengakui dan mengatakan kesalahan ejaan akan diperbaiki pada cetakan berikutnya di tahun ini. Kesalahan ini ada di uang versi terbaru yang beredar pada bulan Oktober lalu.

Dilansir dari The Associated Press, uang kertas pecahan $50 Australia ini dikenal dengan sebutan nanas karena warna kuningnya. Gambar Edith Cowan, wanita pertama yang menjadi anggota parlemen Australia, menjadi ikon uang kertas tersebut.

Kesalahan ejaan itu muncul dalam kutipan pidato pertamanya di parlemen di bagian barat Australia pada tahun 1921. Sisi lain dari uang tersebut menampilkan gambar penemu dan penulis Aborigin, David Unaipon.

Uang $50 ini merupakan uang kertas yang paling banyak beredar di Australia, terhitung hampir setengah dari total nilai uang kertas yang digunakan. Uang ini denominasi utama yang digunakan di mesin ATM di Australia. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video