Terdakwa Vietnam Kasus Kim Jong Nam Diterbangkan Sore Ini

Terdakwa Vietnam Kasus Kim Jong Nam Diterbangkan Sore Ini

Doan The Huong dibebaskan dari tuduhan pembunuhan Kim Jon Nam dan akan dipulangkan ke Vietnam sore hari ini.

Terdakwa Vietnam dalam Pembunuhan Kim Jon Nam Akhirnya Bebas

Konten.co.id – Wanita Vietnam yang didakwa membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara akan dibebaskan pada hari Jumat (4/5/2019). Doan Thi Huong dibebaskan dari penjara Malaysia dan akan pulang ke Vietnam pada Jumat (4/5/2019) sore.

Huong (30) mengaku bersalah atas tuntutan yang lebih ringan pada bulan lalu. Dia mengaku bahwa dengan sengaja mencederai Kim Jong Nam  dengan racun saraf VX pada Februari 2017. 

Permintaan pembebasannya sempat ditolak oleh hakim Malaysia pada bulan Maret lalu, sehingga Vietnam mulai menekan Kuala Lumpur untuk segera mencabut hukuman Dan membebaskan Huong.

Pada bulan Maret lalu, Siti Aisyah, yang juga menjadi terduga kasus tersebut, dipulangkan ke Indonesia setelah tuduhan pembunuhannya ditarik. 

Kedua wanita tersebut membantah telah berkolusi melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam dengan mengoleskan racun saraf VX di wajahnya.  Mereka mengaku dijebak oleh mata-mata Korut, dengan alibi syuting acara televisi ketika sedang berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Keempat warga Korea Utara yang merupakan dalang pembunuhan tersebut melarikan diri dari Malaysia, segera setelah melakukan aksinya. 

Dilansir The Associated Press, pembebasan  Huong kemungkinan menutup kasus ini, karena empat warga Korut yang merupakan pelaku pembunuhan tersebut tidak di tahan. Para pejabat Malaysia tidak pernah secara resmi menuduh Korut dan mereka mengeaskan tidak ingin pengadilan itu di politisasi. 

Pengacara Huong, Hisyam Teh Poh Teik, mengatakan Huong sangat senang. “Dia tersenyum lebar. Dia ingin segera pulang ke rumah until bertemu dengan keluarga Dan teman-temannya,” ujarnya yang Dilansir dari The Associated Press.

Kim Jong Nam adalah putra tertua dalam generasi keluarga pemimpin Korea Utara. Dia telah tinggal di luar negeri salama bertahun-tahun tetapi bisa dianggap sebagai ancaman terhadap pemerintahan Kim Jong Un. (RM)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan