Tarif Baru Ojek Online

Tarif Baru Ojek Online

Tarif baru ojek online sudah dimulai sejak Rabu (1/5/2019). Menhub pun siap evaluasi sepekan mendatang.

Tarif Baru ojek Online, Menhub: Evaluasi Tarif Ojek Online Sepekan Mendatang

Konten.co.id – Tarif ojek online resmi diubah, Rabu (1/5/2019). Tarif tersebut baru dimulai di lima kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Bandung dan Makasar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan evaluasi tarif ojek online hingga sepekan mendatang. Dia mengatakan, Kementerian akan melaksanakan evaluasi aturan tersebut sepekan setelah peraturan itu diberlakukan.

“Dalam satu minggu mendatang, segala masukan bisa menjadi masukan bagi kami dan kami akan bertemu untuk memberikan suatu respons bagi evaluasi tersebut,” katanya, Rabu (1/5/2019)

Budi memastikan dua aturan yang telah diterbitkan oleh Kementerian sudah mulai berlaku. Dua aturan tersebut adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 12 Tahun 2019. Kedua, adalah Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi berharap tarif baru tersebut akan menaikan keejahteraan para driver. Secara umum, peraturan tersebut mengatur perihal perlindungan, keselamatan dan keamanan baik pengemudi sepeda motor maupun penumpang. Selain itu, dalam Kepmenhub tersebut, juga diatur mengenai besaran biaya jasa atau tarif per kilometer bagi para pengguna layanan ini.

“dengan adanya penerapan tarif baru tersebut semoga bisa terlindungi berbagai aspek seperti keselamatan dan kesejahteraan. Semoga semua bisa merespon baik dari Gojek atau Grab ini langkah baik untuk semua pihak,” katanya.

Zona I terdiri dari wilayah Sumatera, Jawa tanpa Jabodetabek, dan Bali. tarif batas bawah Rp 1.850/Km, tarif batas atas Rp 2.300/Km dan biaya jasa minimal Rp 7.000 – Rp 10.000.

Zona II Jabodetabek Tarif batas bawah Rp 2.000/Km, tarif batas atas Rp 2.500/Km dan biaya jasa maksimal Rp 8.000 – Rp 10.000

Sementara zona III untuk wilayah Indonesia Timur yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan lain sebagainya Tarif batas bawah Rp 2.100/Km, tarif batas atas Rp 2.600/Km dan biaya jasa mksimal Rp 7.000 – Rp 10.000. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *