Sukabumi Jadi Proyek Percontohan Swasembada Bawang Putih

Sukabumi Jadi Proyek Percontohan Swasembada Bawang Putih

22 hektar tanah di Sukabumi menjadi proyek percontohan benih bawang putih.

Tanah Bagus, Sukabumi Jadi Percontohan Swasembada Bawang Putih

Konten.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) menjadikan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sebagai daerah proyek percontohan swasembada benih bawang putih. Hal ini setelah dari pihak Kementan melakukan tinjauan dan menilai ada keberhasilan pengusaha dan petani di Desa Lanisari, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat dalam mengembangkan komoditas nasional ini.

Produksi bawang putih didaerah ini diketahui melipat. Seperti saat ada tinjauan dari Kementan pada Rabu (29/5/2019). Disana menghasilkan 12 ton setiap hektar dengan total luas lahan mencapai 22 hektar.

Kunjungan ini sebagai bentuk program swasembada bawang putih didaerah ini pada tahun 2021. Dengan keberhasilan pengusaha yang didukung oleh Pemkab Sukabumi. Direktur STO Ditjen Hrtikutura Kementan Mochamad Ismail Wahab mengaku pihaknya akan bisa melakukan swasembada bawang putih pada tahun 2021.

Saat ini pemerintah pun akan melakukan persiapan swasembada bawang putih dengan menyiapkan lahan 1800 hektar yang cocok untuk ditanami bawang putih. “Kalau Sukabumi saya rasa sudah siap 90 persen untuk melakukan swasembada bawang putih,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sudrajat mengapresiasi pengusaha dan petani yang berhasil mencapai target untuk menjadikan Sukabumi sebagai percontohan swasembada bawang putih. “Kita lihat pak Menteri Pertanian sudah kagum lah dan sekarang jadi kekuatan untuk memproklamirkan swasembada bawang putih,” ucapnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *