SBY Memuji Kinerja KPU

SBY Memuji Kinerja KPU

SBY memuji keberhasilan KPU yang mengumumkan pemenang pilpres 2019 tepat waktu.

Umumkan Pemenang Pilpres Tepat Waktu, SBY Memuji Kinerja KPU

Konten.co.id – KPU mengumumkan pemenang pilpres 2019 Selasa (21/5/2019) dengan kemenangan untuk capres petahana Joko Widodo (Jokowi). 

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pun menyampaikan rasa syukurnya dan mengaku lega terhadap KPU yang sudah mengumumkan hasil pemilu dengan baik dan tepat waktu.

Dalam pesan yang disampaikan melalui tayangan video berdurasi 09.23 menit Selasa (21/5/2019) malam, SBY menyampaikan pula Partai Demokrat menerima hasil pileg dan rasa syukur atas sikap Prabowo yang akan menempuh jalur konstitusi saat menyampaikan penolakan atas hasil pilpres,

Video itu dibagikan Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari kepada wartawan melalui jejaring WhatsApp. “Kita tahu banyak pihak yang memperkirakan KPU tidak bisa bertugas dengan baik dan tepat waktu, tetapi ternyata KPU mampu melaksanakan tugas penghitungan suara dengan baik dan tepat waktu,” katanya.

SBY pun bersyukur dan lega karena isu aksi-aksi kerusuhan massa pada saat KPU mengumumkan perolehan suara terutama hasil pilpres 2019 tidak terjadi paling tidak hingga Selasa (21/5/2019). SBY juga menyatakan bersyukur serta lega setelah menyimak pernyataan kedua capres 2019,yakni Jokowi dan Prabowo.

Dia lega karena Prabowo menyatakan akan menempuh jalur konstitusi dalam menyampaikan gugatan terhadap hasil pilpres.  SBY menafsirkan jalan konstitusional yang akan ditempuh Prabowo adalah melalui Mahkamah Konstitusi .

“Tadi siang (Selasa-red) saya menyimak pernyataan kedua capres kita, Bapak Jokowi dan Bapak Prabowo Subianto. Kembali saya bersyukur dan lega, karena Bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatannya terhadap hasil pilpres yang dihitung oleh KPU akan dilakukan melalui jalan konstitusi,” kata dia.

“Bapak Prabowo juga menyerukan kepada para pendukungnya agar tetap menjaga keamanan, dan ketertiban umum. Dan dalam menyampaikan pendapatnya di depan umum, tetaplah dilaksanakan secara damai, berakhlak dan konstitusional,” ujar SBY.

Dia pun menyampaikan pesan kepada Prabowo, bahwa apapun hasil dari gugatan ke MK nanti, sejarah akan mencatat, Prabowo adalah seorang konstitusionalis, serta seorang yang menghormati pranata hukum juga sebagai” champion of democracy”. “Sebuah ‘legacy’ yang akan dikenang dengan indah oleh generasi mendatang,” jelas SBY.

SBY pun menyatakan semakin bersyukur dan lega karena Jokowi menyampaikan akan menjadi pemimpin dan pengayom dari seluruh rakyat Indonesia, serta akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial.

Menurut dia, komitmen pemimpin seperti itu sangat diharapkan oleh rakyat dan harus segera diwujudkan setelah pemilu ini baik oleh mereka yang memilih Jokowi-Ma’ruf maupun yang tidak memilihnya.

SBY mengatakan, komitmen tersebut merupakan awal yang baik bagi kembalinya kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia yang hampir setahun berada dalam kontestasi yang keras dan polarisasi yang ekstrem. Hal ini, menurutnya, juga merupakan awal yang indah bagi terbasuhnya luka diantara anak bangsa, serta bagi rekonsiliasi dan bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat.

“Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin, dalam kapasitas saya sebagai Presiden RI keenam, atas kepercayaan rakyat, yang diberikan kepada bapak berdua, untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang,” ucapnya.

Dia juga menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia Jokowi-Ma’ruf untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali. “Semoga Allah meridhoinya dan semoga sejarah menorehkan tinta emasnya,” kata SBY. (*)

Penulis: Ade Indra
Editor: Mahesa

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *