Santri Lansia di Pondok Pesantren Sepuh Magelang

Santri Lansia di Pondok Pesantren Sepuh Magelang

Ratusan santri berusia lanjut masih semangat belajar mendalami ilmu agama di masjid Agung Payaman, Magelang, Jawa Tengah.

Semangat Belajar Santri Lansia di Pesantren Sepuh Magelang

Konten.co.id – Tak ada batasan usia untuk menimba ilmu, ungkapan tersebut sangat tepat dalam suasana ramadhan, di Masjid Agung Payaman, Magelang, Jawa Tengah.

Bagaimana tidak, selama bulan suci ramadan, ratusan santri yang berusia lanjut, masih bersemangat menimba ilmu agama di masjid tersebut.

Para santri yang bergabung di Pesantren Sepuh ini rata- rata berusia 60 tahun. Santri yang datang dari berbagai daerah ini belajar kajian agama, isi alquran dan salat berjamaah.

Tidak ada fasilitas apapun dalam pesantern sepuh ini, namun para lansia ini rela nyantri sebulan penuh selama bulan ramadhan. Para santri pun mengaku senang mengaji di ponpes sepuh ini.

Selain bisa lebih dekat dengan Allah SWT juga bisa menambah ilmu agama islam mereka. Seperti yang dilakukan Ida Hariyani (63). Warga Jayapura, Papua ini rela meninggalkan keluarganya untuk belajar agama selama bulan ramdahan.

“Saya lihat dari google, saya cari-cari, saya dari Jayapura, Papua,” terangnya, Selasa (14/5/2019).

Di Pondok Sepuh Masjid Agung Payaman, para santri diwajibkan untuk mandiri. Dari mulai membuat makanan sahur hingga berbuka puasa. Bahkan tempat untuk tidur pun harus berbagi dengan santri lain di serambi masjid.

Untuk nyantri disini, para santri hanya diberikan biaya Rp 50 ribu untuk mengganti listrik dan kebersihan masjid

Masjid Agung Payaman sendiri dibangun oleh KH Romo Agung atau mbah Kiyar tahun 1937. Sementara Pondok Sepuh mulai digelar sejak tahun 1980-an. Awalnya hanya pengajian namun lama kelamaan santrinya semakin banyak dan berusia lanjut.

“Ibadahnya ini dari dulu yang ikut orang-orang lansia entah kenapa yang datang yang lansia. Padahal iklan-iklannya itu juga gak ada, itu berdatangan sendiri gitu aja,” ujar Mohammad Tibyan Abdul Masjid, pengasuh Ponpes Sepuh. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *