Rayakan Lebaran dengan Desain Rumah Baru

Rayakan Lebaran dengan Desain Rumah Baru

Lebaran sebentar lagi rumah pun akan kedatangan tamu. Desain rumah dengan baik agar tamu betah dirumah Anda.

Enam langkah murah Rayakan Lebaran dengan Desain Rumah Baru

Konten.co.id – Tidak terasa, kita sudah memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan. Itu berarti hanya tinggal satu minggu lagi hingga perayaan Idul Fitri tiba. Salah satu agenda paling menyenangkan untuk dilakukan menjelang lebaran adalah mendekorasi rumah agar nantinya dapat memeriahkan perayaan.

Simak beberapa tips berikut ini untuk pastikan setiap sudut rumah tersentuh dan siap menyambut hari kemenangan.

  • Cat ulang pagar atau pintu depan rumah yang sudah memudar.

Pagar atau pintu depan rumah adalah wajah dari rumah Anda. Berhubung hari Lebaran erat kaitannya dengan menerima tamu ke dalam rumah untuk bersilaturahmi, tidak ada salah memanjakan tamu yang datang dengan wajah segar dari rumah Anda yang nampak dari pintu luar atau pagar yang dicat ulang seperti baru.

Alternatif lain jika Anda tidak memiliki waktu untuk ini, Anda dapat menempelkan dekorasi seperti prakarya ketupat dari plastik pada pintu atau pagar.

  • Sulap warna cat rumah dengan nuansa baru.

Cat dalam rumah juga tidak kalah penting. Pilih warna yang bernuansa soft atau monokrom hitam putih yang mampu memperkuat kesan ‘betah’ saat perayaan di rumah berlangsung. Namun bukan berarti pilihan warna lain adalah hal yang buruk.

Sesuaikan saja dengan karakter Anda sebagai pemilik rumah. Baju baru, sepatu baru, jiwa yang baru, cat dinding yang baru, mengapa tidak?

  • Buat situasi dapur menjadi lebih terorganisir.

Banyak yang bilang, semakin berantakan dapur, semakin terpacu si juru masak di rumah untuk berkreasi saat mengolah makanan.

Anda mungkin harus berpikir dua kali untuk bertahan dengan pemikiran seperti itu saat sesi ‘masak-masak’ menjelang perayaan sebesar hari Lebaran.

Anda perlu dari jauh-jauh membuat dapur menjadi lebih terorganisir. Pastikan rempah-rempah, botol kecap, rak spatula dan instrumen-instrumen masak lainnya dapat dijangkau dengan mudah.

Proses masak untuk hidangan perayaan pun menjadi lebih lancar dan tanpa kendala. Mendekorasi layout dapur seperti ini juga dapat mengingatkan Anda akan peralatan atau bumbu apa yang belum Anda miliki, lebih praktis ketimbang mengira-ngira apa yang harus dibeli!

  • Pastikan sofa kembali bersih dan nyaman.

Perawatan sofa memang sudah sepatutnya dilakukan secara teratur. Namun menjelang perayaan besar seperti Lebaran, sesi perawatan harus lebih intens dan menyeluruh.

Sofa akan menjadi elemen utama dalam rumah saat agenda penting sepanjang perayaan berlangsung: silaturahmi.

  • Lampu ornamen Timur Tengah untuk memperkuat nuansa Lebaran.

Hari raya juga identik dengan lampu berornamen cantik yang kebanyakan berasal atau terinspirasi dari motif-motif budaya Timur Tengah. Cari lampu-lampu cantik ini sambil ngabuburit sebelum berbuka di pasar-pasar antik di kota Anda.

Bukan sebuah kebutuhan yang mendesak namun jika Anda berkesempatan melakukannya, hal ini dapat memperkaya nuansa perayaan di rumah.

  • Topless kue, wadah hidangan, meja dan peralatan makan

Pastikan semua tersedia dan dalam kondisi baik. Perayaan dan Makan tentu tidak dapat dipisahkan.

Entah hanya sebatas icip-icip kue lebaran atau saat jamuan hidangan utama di meja makan.

Selain mempersiapkan hidangan, Anda juga perlu memastikan wadah hidangan tersebut tersedia dan dalam keadaan bersih khususnya jika Anda menyimpannya dalam gudang atau sudut terdalam lemari karena hanya digunakan satu tahun sekali.

Meja makan termasuk kursi dan taplak meja pun perlu Anda perhitungkan. Ada baiknya, semua dibuat senada dengan keseluruhan konsep dekorasi rumah, agar susana lebaran lebih terasa hingga ke meja makan. (*)

Penulis: Ade Indra
Editor: Mahesa

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *