Prediksi Pertandingan Persebaya vs PSIS

Prediksi Pertandingan Persebaya vs PSIS

Dengan absennya beberapa pilar Persebaya membuat PSIS Semarang akan semakin mudah menang pada laga ini.

Persebaya vs PSIS, Tuan Rumah Kesulitan

Konten.co.id – Persebaya Surabaya menghadapi tekanan dari Bonek jelang melakoni laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019. Bajul Ijo diwajibkan menang saat menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (30/5/2019) pukul 20.30 WIB.

Dalam dua laga sebelumnya, Persebaya belum berhasil mendapat tiga poin dalam satu pertandingan. Dalam dua laga tersebut, mereka kalah 1-2 dari Bali United dan imbang 1-1 kontra Kalteng Putra. Tidak ada target selain menang yang dicanangkan Persebaya di pekan ketiga ini.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman memahami situasi yang sedang dihadapinya tidak mudah. Dia harus memutar otak agar timnya itu segera meraih kemenangan di kompetisi kasta tertinggi musim ini.

“Kami sangat memaklumi situasi ini. Bonek berharap kami bisa menang dan meraih tiga poin untuk menjaga persaingan ke depan. Persiapan kami dari sisi waktu cukup setelah pertandingan terakhir melawan Kalteng Putra,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu, Rabu (29/5/2019).

Persebaya memang diuntungkan dengan waktu persiapan lebih banyak, di mana terakhir bertanding pada Selasa (21/5/2019). Mereka memiliki waktu selama delapan hari untuk mematangkan tim demi memenangkan laga ini.

Sementara itu, PSIS justru hanya punya tiga hari saja untuk persiapan menjalani laga tandang ini. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu terakhir kali berlaga saat menang 2-1 atas Persija Jakarta di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (26/5/2019). Namun, Persebaya juga masih kehilangan sejumlah pemain penting.

“Pemain kami belum lengkap karena ada yang cedera. Sebut saja (Otavio) Dutra, Amido (Balde), dan Nelson Alom. Kondisi ini membuat saya memutar otak untuk pertandingan nanti,” imbuh Djanur.

Selain tiga nama itu, Persebaya juga tidak bisa menurunkan kiper Miswar Saputra yang mengalami robek bagian pelipis. Sebagai pengganti, Bajul Ijo akan menurunkan satu dari dua kiper lain yang dimiliki, yaitu Imam Arief atau Abdul Rohim.

Tanpa memiliki skuat lengkap tentu akan semakin menyulitkan Persebaya. Situasi seperti ini belum pernah dialami oleh Bajul Ijo selama musim ini.

Di sisi lain, PSIS sendiri datang dengan kepercayaan diri tinggi setelah berhasil mengalahkan Persija yang notabene juara bertahan Liga 1. Bahkan, mereka sempat tertinggal 0-1 sebelum akhirnya membalikkan kedudukan jadi 2-1 lewat brace Hari Nur Yulianto.

“Lawan datang dengan percaya diri karena baru saja menang melawan tim besar Persija. Mereka juga bisa bangkit setelah tertinggal 0-1 Mental kebangkitan ini pasti akan mereka bawa ketika bertanding di GBT,” ucap pelatih Persebaya itu.
Sementara itu, PSIS melakoni laga tandang perdananya di Shopee Liga 1 musim 2019. Menantang tuan rumah Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (30/5/2019) malam, Laskar Mahesa Jenar datang dengan kepercayaan diri usai meraih kemenangan dalam partai krusial melawan Persija Jakarta.

Namun, Pelatih PSIS, Jafri Sastra, meminta skuatnya untuk melupakan euforia kemenangan atas Persija Jakarta. Secara moral, kemenangan atas Persija cukup berdampak untuk mendongkrak semangat bertanding Silvio Escobar dkk.

Jafri Sastra tampaknya tidak akan terlalu merombak skuat untuk meladeni permainan Persebaya. Daftar pemain inti PSIS diprediksi tidak banyak berubah seperti ketika menang atas Persija. Hari Nur Yulianto yang sempat mengalami kram, kembali fit untuk pertarungan nanti.

Silvio Escobar akan kembali dijadikan sebagai ujung tombak untuk membongkar pertahanan lawan. Hari Nur dan Komarodin akan bertugas menyisir sisi sayap. Trio lini tengah tampaknya akan masih dipercayakan kepada Septian David Maulana, Patrick Mota, dan Arthur Bonai.

Sosok Shohei Matsunaga memang dapat diturunkan setelah menyelesaikan masa skorsing dua pertandingan. Namun, pelatih Jafri Sastra tampaknya baru akan menurunkannya pada babak kedua. Matsunaga diharapkan dapat menjadi supersub dalam debutnya nanti.

Empat pemain belakang akan kembali di bawah komando Wallace Costa untuk bekerja sama dengan Fauzan Fajri, serta dua bek sayap Fredyan Wahyu dan Safrudin Tahar yang bermain apik dalam dua pertandingan terakhir. Penjaga gawang Jandia Eka Putra yang gemilang saat melawan Persija, juga bakal diturunkan kembali.

“Kami tidak ada persiapan khusus untuk melawan Persebaya. Waktu persiapan yang sangat singkat, tapi itu tidak menjadi soal karena pemain fit semua tinggal menunggu siapa yang pantas diturunkan sebelum kick off,” kata Jafri Sastra, Rabu (29/5/2019).

Dalam dua pertemuan terakhir kedua tim, PSIS dan Persebaya memiliki catatan saling mengalahkan pada musim 2018, yakni dengan skor serupa 1-0. Dengan potensi yang dimiliki, PSIS bertekad dapat mengejutkan tuan rumah, Persebaya.

“Namun kami harus waspada, tuan rumah punya kedalaman skuat bagus. Beberapa pemain cedera, tak mengurangi kekuatan Persebaya,” ungkapnya.

Akan menjadi hadiah yang spesial menjelang Lebaran jika berhasil mencuri poin di Surabaya. Sebelumnya, CEO klub PSIS, Yoyok Sukawi juga sudah menjanjikan bonus bagi timnya apabila hasil positif bisa diraih di kandang Persebaya.

“Melawan Persebaya, kami akan all out. Saya akan beri bonus khusus untuk mengalahkan Persebaya. Laga ini bergengsi, mudah-mudahan PSIS bisa ambil poin,” beber Yoyok Sukawi.

2 of 3
Prakiraan Susunan Pemain
Persebaya (4-3-3): Abdul Rohim (kiper); Novan Setya Sasongko, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin, Damian Lizio (tengah); Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar (belakang); Patrick Mota, Arthur Bonai, Septian David Maulana (tengah); Komarodin, Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto (depan)

Pelatih: Jafri Sastra. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *