Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi Suara KPU

Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi Suara KPU

Paslon 02 Prabowo-Sandi menjaga komitmen menolak hasil rekapitulasi suara. Menurutnya, hasil rekapitulasi bersumber dari kecurangan.

Tuding Ada Kecurangan, Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi Suara KPU

Konten.co.id – Pasangan Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin memenangkan pemilu 2019. Dari hasil rekapitulasi nasional KPU menyebutkan bahwa Jokowi-Ma’ruf memperoleh 85.036.828 suara sah atau 55,41 persen. Sementara, paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi mendapatkan 68.442.493 suara atau 44,59 persen.

Menanggapi hasil ini, Capres 02 Prabowo Subianto mengaku tidak akan menerima hasil rekapitulasi nasional. Dikatakannya saat konfrensi pers, di Kertanegara, Jakarta, Selasa (21/5/2019), berdasar hasil pemaparan di hotel Sahid Jaya pada tanggal 14 Mei 2019, pihaknya tidak akan menerima hasil rekapitulasi suara dari KPU yang bersumber dari kecurangan.

Pihaknya pun memberi kesempatan kepada KPU untuk memperbaiki pemilu Indonesia agar jujur dan adil. “Namun hingga saat terakhir tidak ada upaya dari KPU untuk memperbaiki proses tersebut, oleh karena itu sesuai dengan apa yang pernah kami sampaikan, di hotel Sahid Jaya bahwa kami menolak hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU pada tanggal 21 Mei 2019 dini hari tadi,” ucapnya.

Disamping itu, lanjutnya, pihaknya menilai pengumuman hasil rekapitulasi tersebut dilakukan dengan waktu yang janggal. Ia menambahkan, pihak paslon 02 juga akan melakukan seluruh upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang hak konstitusinya dirampas oleh Pemilu 2019.

Pihaknya juga menyerukan kepada seluruh komponen masyarakat, relawan, simpatisan dan pendukung paslon Prabowo-Sandi untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum serta menjaga aksi-aksi menyampaikan pendapat didepan umum dilakukan dengan damai, berakhlak dan selalu menjaga konstitusional. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *