fbpx

Pemerintah DKI Jakarta Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Pemerintah DKI Jakarta Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Setelah MRT, kini warga DKI Jakarta akan memiliki satu moda transportasi baru yaitu bus listrik Transjakarta yang akan mulai beroperasi bulan Juni mendatang.

Mulai Uji Coba, Bus Listrik Transjakarta Akan Beroperasi Bulan Juni

Konten.co.id – Bus listrik Transjakarta dipastikan akan bulan Juni mendatang. Diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menguj pra coba bus listrik milik Transjakarta tersebut, Senin (29/4/2019). Anies mencoba bus tersebut dari Balai Kota ke Bundaran HI.

Anies ikut melakukan pengisian ulang bus sebelum diuji coba di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Anies pun didampingi oleh Dirut Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda Pemprov DKI Saefullah dan Plt Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko.

Karena menggunakan listrik, bus ini dipastikan akan mengurangi emisi gas buang dan juga minim polusi suara. “Uji coba pertama yang unik kalau jalan nggak ada suaranya,” kata Anies.

Terdapat tiga bus yang diuji coba. Tiga bus tersebut berasal China bermerek BYD. Bus ini emmiliki kapasitas 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri. “Saya pernah naik bus listrik. Tapi ini pertama kali saya naik bus listrik di Jakarta,” sebut Anies.

Ia mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu proses administrasi.Anies mengatakan usai perizinan selesai, nantinya bus akan dioperasikan terlebih dahulu di sekitar kawasan Monas. Dia menuturkan akan ada penambahan bus bila uji coba berhasil.

“Nanti akan beroperasi dulu sementara melayani sekitar Monas sebagai eksibisi. Jadi semua orang bisa mencoba dan merasakan,” jelas Anies.

Sementara itu Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph mengatakan bus yang akan diuji coba akan melewati rute-rute jalan protokol Rute bus listrik itu adalah kawasan perkantoran di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin.

“Konsentrasinya biasanya ada di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman-Thamrin,” jelas Daud. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video