fbpx

Pemerintah Bentuk Tim Pantau Sosmed

Pemerintah Bentuk Tim Pantau Sosmed

Wacana Menko Polhukam Wiranto yang menyebut akan menutup akun media sosial dan membentuk tim untuk mengawasi para tokoh di medsos dinilai pengamat dan aktivis sebagai tindakan tidak demokratif.

Bentuk Tim Pantau Sosmed, Pemerintah Tidak Demokratif

Konten.co.id – Pemerintahan Presiden Joko Widodo semakin hari semakin menunjukkan wajah otoritarian dalam menjalankan kekuasaan.

Hal itu tercermin dari wacana Menko Polhukam Wiranto yang menyebut akan menutup akun media sosial dan membentuk tim untuk mengawasi para tokoh di medsos.

Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Haris Azhar menilai pernyataan Menko Polhukam tentang pemerintah yang akan membentuk tim hukum nasional untuk mengkaji ucapan para tokoh sebagai langkah tidak tepat dalam merespons demokrasi.

Haris menilai pernyataan Menko Polhukam soal pembentukan tim hukum nasional tidak dilandasi dasar hukum yang jelas.

Tugas tim nasional untuk mengkaji ucapan para tokoh yang mengarah pada pelanggaran hukum juga dinilai sebagai tindakan represif yang menghalangi demokrasi. Ia pun menilai kebijakan ini tidak akan dijalankan. Jika dijalankan akan menimbulkan banyak korban.

“Pernyataan kelompok-kelompok tertentu itu sikap tidak demokratif,” ucapnya, Rabu (8/5/2019).

Sementara Koordinator Pusat Relawan Sadar Indonesia (Korsa) Amirullah Hidayat mengatakan, wacana yang digulirkan Wiranto itu menunjukkan ambisi pemerintah untuk membungkam lawan politiknya.

“Rezim ini makin menampakan oteriter dalam menjalankan pemerintahan dan menunjukan arogansi kekuasaan dalam membungkam demokrasi dan menghabisi lawan-lawan politik,” katanya dilansir dari RMOL, Selasa (7/5/2019).

Amirullah menambahkan, Hak Asasi Manusia (HAM) dan kebebasan berpendapat terancam dilanggar melalui wacana Wiranto tersebut. Rakyat Indonesia, sebutnya, tidak boleh mendiamkan dan harus melawan wacana tersebut.

“Dan kita sangat terkejut kebijakan yang lebih kejam dari Orde Baru ini dijalankan pemerintahan Joko Widodo,” lanjut Amirullah. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video