Pemerintah Batasi Aktivitas WhatsApp, Facebook dan Instagran

Pemerintah Batasi Aktivitas WhatsApp, Facebook dan Instagran

Untuk menghindari penyebaran informasi hoax, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan pembatasan aktivitas media sosial.

Pemerintah Batasi Aktivitas WhatsApp, Facebook dan Instagran, ini Alasannya

Konten.co.id Pemerintah telah memutuskan untuk membatasi aktivitas media sosial, WhatsApp, Facebook dan Instagram. Hal ini ditujukan untuk membatasi penyebaran informasi hoax yang tidak terkonfirmasi.

“Dengan terpaksa pemerintah melakukan pembatasan aktivitas media sosial. Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap,” ujar Rudiantara dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, pembatasan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama peredaran info hoax.

Ternyata, Menkominfo Rudiantara menegaskan tak hanya media sosial, namun juga layanan perpesanan seperti WhatsApp dan lainnya ikut dibatasi aktivitasnya.

“Fitur-fitur media sosial tidak semuanya dan messaging system juga. Kita tahu modusnya adalah posting di medsos. FB [Facebook], Instagram dalam bentuk video, meme, foto,” papar Rudiantara.

“Kemudian screen capture hoax itu disebarkan melalui WhatsApp. Dan karena viralnya makanya kita batasi,” tutur Rudiantara.

Usai dilakukan pengumuman, layanan pesan instan WhatsApp dan media sosial Instagram yang bernaung di bawah Facebook mendadak bermasalah.

Di platformWhatsapp, kebanyakan pengguna mengeluh tidak bisa mengirim gambar dan mengunduhnya. Keluhan utamanya berasal dari layanan WhatsApp via desktop. (*)

Penulis: Hastama
Editor: Mahesa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *