Nikmatnya Nasi Jagal Tangerang

Nikmatnya Nasi Jagal Tangerang

Nasi Jagal sudah menjadi menu sahur warga Tangerang sejak zaman dahulu. Kini menu makan sahur itu semakin digemari warga setempat.

Nasi Jagal Tangerang Cocok untuk Menu Sahur

Konten.co.id – Sekilas jika mendengar nama nasi jagal mungkin orang akan bergidik ngeri. Tentu orang akan berpikir hal yang sadis. Tapi berbeda dengan yang satu ini, meskipun namanya terdengar sadis ternyata nasi jagal merupakan kuliner khas yang cukup melegenda di kota Tangerang.

Kuliner ini disebut nasi jagal lantaran dijual disekitar tempat pemotongan atau jagal hewan di Bayur, Karawaci, Kota Tangerang, Banten. Awalnya nasi jagal ini dijual oleh orang madura yang tinggal di Tangerang dan mengolah daging sapi bagian yang empuk seperti daging kepala, gajih, atupun jeroan yang diambil dari penjagalan, kemudian dimasak dengan bumbu kecap ala Madura untuk dijual pada para pekerja di penjagalan ataupun warga sekitar.

Nasi jagal terdiri dari sepiring nasi hangat yang diberi lauk berupa potongan daging sapi yang diberi bumbu kecap yang hitam, pekat, dan kental. Biasanya dinikmati dengan sambal goreng yang pedas menggigit lidah.

Selain itu, nasi jagal juga bisa dibuat menjadi nasi goreng. Seperti nasi goreng pada umumnya tetapi dimasak dengan daging sapi khas nasi jagal. Rasanya sama-sama lezat.

Nasi jagal ini juga selain dinikmati dengan sambal cabai yang pedas, bisa di tambah dengan emping dan kerupuk, ataupun ditambah telur asin. Sehinggal membuat kuliner ini semakin nikmat.

Kuliner ini pun cukup murah. Dengan uang Rp 15 ribu anda bisa menikmati seporsi nasi jagal yang lezat.

Pada bulan ramadhan ini pun, kuliner ini ramai pembeli. Biasanya kios penjual nasi jagal akan buka pukul 16.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Abdul Syukur pemilik warung Nasi Jagal Satar mengaku pembeli meningkat di bulan ramadhan terutama pada jam berbuka dan sahur. “Biasanya kita bisa habis sampai 100 porsi, untung bisa sampai 100 persen lah,” katanya. (*)

Penulis: Hastama
Editor: Ibrahim

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *