fbpx

Napi Dianiaya, Kalapas Nusakambangan Dipecat

Napi Dianiaya, Kalapas Nusakambangan Dipecat

Sebuah video beredar menunjukkan dugaan kekerasan yang dilakukan oleh petugas pada saat pemindahan narapidana dari Lapas Bangli ke Lapas Nusakambangan, Kamis (28/3/2019). Akibatnya Kalapas Narkotika Nusakambangan dipecat setelah adanya hal tersebut.

Napi Dianiaya Viral di Medsos, Kalapas Nusakambangan Dipecat

Konten.co.id – Sebuah video beredar menunjukkan dugaan kekerasan yang dilakukan oleh petugas pada saat pemindahan narapidana dari Lapas Bangli ke Lapas Nusakambangan, Kamis (28/3/2019). Pada video tersebut terlihat para narapidana berjalan menuju kapal dengan merangkak dan mata ditutup pakaian.

Sejumlah narapidana pun terlihat dianiaya beberapa sipir yang bertugas kala itu. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Sri Puguh Budi Utami mengakui hal teresebut.

Ia mengatakan ada kesalahan prosedur yang dilakukan petugas saat pemindahan napi. Pihaknya telah memeriksa 13 orang atas peristiwa tersebut. 

“Benar kejadian tersebut, saat pemindahan narapidana dari Bangli ke Nusakambangan. Saat awal tidak ada masalah namun saat hendak masuk kapal terjadi keributan seperti yang terlihat di video. Kami telah konfirmasi dengan Kanwil setempat dan melakukan pemeriksaan dan telah diambil tindakan kepada jajaran 13 orang melakukan kekerasan tersebut,” kata dia, Jumat (3/5/2019).

“Tindakan tersebut tidak sesuai prosedur dan bertentangan dengan UU No.12 tentang Pemasyarakatan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia,” kata

Kesalahan prosedur dilakukan oleh 13 orang Satgas pemindahan narapidana dari Bangli. Seluruh petugas yang saat itu terlibat pun telah diperiksa oleh Dirjen Pas. Bahkan Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan telah dinonaktifkan.

“Saat ini Kalapas Narkotika Nusa Kambangan berinisial HM, telah dinonaktifkan dari jabatannya,” kata dia.

Setelah upaya penonaktifan itu,  jabatan Kalapas Narkotika Nusakambangan pada saat ini digantikan oleh pelaksana harian dari Kabid Pembinaan Lapas Batu Irman Jaya.

Selain itu, pihaknya juga akan menindak seluruh orang yang terlibat dalam aksi ini. Menurutnya, untuk menerima tahanan baru seharusnya bisa lebih baik. 

Misalnya sebelum dibawa naik ke kapal menuju LP Nusakambangan para narapidana hanya diperiksa badan dan barang bawaan. 

“Hal ini untuk mencegah masuknya hal buruk seperti narkotika dan lainnya ke Lapas oleh narapidana baru,” tukasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video