Menkeu Belum Pastikan Dana Pemindahan Ibu Kota

Menkeu Belum Pastikan Dana Pemindahan Ibu Kota

Dana pemindahan ibu kota sebesar Rp 466 triliun, Menkeu masih menunggu kepastian Bappenas.

Menunggu Perencanaan Matang, Menkeu Belum Pastikan Dana Pemindahan Ibu Kota

Konten.co.id – Isu pemindahan Ibu kota Indonesia semakin menghangat. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan salah satu alasan mengapa perlu memindahkan ibukota, agar tercipta pemerataan pembangunan.

Memang, hingga saat ini belum ada keterangan yang pasti terkait lokasi baru ibukota, namun digadang-gadang akan pindah ke luar Pulau Jawa. Meski demikian, Bappenas rupanya telah memiliki prediksi anggaran untuk merealisasikan pemindahan ibukota, yang berkisar Rp 323 triliun – Rp 466 triliun.

Menanggapi persoalan anggaran tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku, masih menunggu perencanaan yang matang dari pihak Bappenas. Jika belum ada perencanaan yang matang, maka ia belum bisa menjelaskan skema maupun besaran pengalokasian anggaran yang tepat.

“Jadi untuk saat ini kita akan menunggu sampai perencanaan itu matang. Kalau perencanaan itu matang berarti estimasi dari anggarannya akan jauh lebih akurat, baru kita pikirkan bagaimana teknis untuk pembiayaannya,” ujarnya di Gedung Ditjen Pajak, Selasa (30/4/2019).

Mengenai anggaran pemindahan ibukota akan masuk ke rencana APBN 2020, Sri Mulyani tidak menjawab secara gamblang. Ia hanya menekankan kembali, anggaran pemindahan ibukota baru bisa dibahas ketika sudah ada perencanaan yang matang.

“Jadi sekali lagi kita masih menunggu perencanannya. Secara siklus APBN 2020 harus sudah kita siapkan dan bulan Mei nanti juga sudah mulai akan membahas awal dgn DPR terkait rancangan APBN 2020,” tandasnya. (AI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *