Mengenal Sejarah Sukabumi di Museum Kipahare

Mengenal Sejarah Sukabumi di Museum Kipahare

Museum Kipahare menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Sukabumi. Pasalnya di museum ini dijelaskan silsilah dan berdirinya Sukabumi.

Sempatkan Diri Mengenal Sejarah Sukabumi di Museum Kipahare

Konten.co.id – Bagi masyarakat yang ingin mengetahui sejarah Sukabumi, kini dimudahkan mencari refrensi dengan hadirnya museum Kipahare yang terletak tak jauh dari Kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Di museum yang juga merangkap perpusatakaan umum itu, menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Sukabumi pada masa lampau. Koleksinya pun cukup beragam, serta mewakili rentang waktu perjalanan sukabumi yang sangat panjang.

Museum ini terbagi kedalam tiga periode sejarah yang terjadi di sukabumi, yaitu purbakala, era klasik atau kerajaan dan masa kolonial. Adapun benda-benda koleksi museum, meliputi kepala arca, Lingga, pusaka, senjata tradisional, mata uang kuno, foto-foto reproduksi masa kolonial, barang barang rumah tangga tempo dulu, sudut rumah sunda tradisional hingga dokumen penetapan hari jadi Kota Sukabumi versi pemerintah kolonial belanda.

Beberapa koleksi museum merupakan hasil pencarian dan eksvakasi tim relawan pelestari budaya, sebuah komunitas yang fokus dalam bidang pelestarian cagar budaya di Sukabumi. Museum ini juga menerima titipan barang-barang yang memiliki nilai sejarah dari masyarakat. (*)

Penulis: Kharisma
Editor: Azzahra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *