fbpx

Masjid Al Fatih Al Anshar di Makassar Mirip Kakbah

Masjid Al Fatih Al Anshar di Makassar Mirip Kakbah

Masjid Al Fatih Al Anshar mirip kakbah dan ribuan jamaah rutin datang setiap waktu sholat tiba.

Yuk ke Mini Kakbah di Masjid Al Fatih Al Anshar di Makassar

Konten.co.id – Biasanya arsitektur masjid terdiri dari kubah dan menara. Di Makassar, terdapat masjid yang berbeda dengan masjid lainnya. Masjid tersebut berbentuk Kakbah tanpa dilengkapi kubah dan menara.

Masjid Al Fatih Al Anshar di jalan Paccinang, Makassar berbentuk kotak menyerupai bangunan Kakbah di Masjidil Haram yang menjadi simbol peribadatan umat Islam. Di sudut bangunan juga terdapat bentuk yang menyerupai Hajar Aswad yang biasa dicium umat Islam saat melaksanakan ibadah haji atau ibadah umrah.

Masjid ini dibangun tiga tahun silam oleh Andi Mustamin Anshar (61) dan putranya yang sekaligus menjadi arsitek Masjid Al Fatih, Muhammad Akbar Wisudawan.

Bangunan masjid ini terinspirasi langsung bangunan Kakbah saat Andi Mustamin sedang menunaikan ibadah di Tanah Suci. Ia mendapat ilham untuk membangun masjid menyerupai Kakbah di Makassar.

Bangunan ini secara filosofis memiliki beberapa makna seperti tinggi bangunan 12 meter yang diartikan 6 Rukun Iman, 5 Rukun Islam dan 1 berarti Allah Yang Maha Esa. Lebar bangunan 7 meter bermakna 7 langit. Panjang masjid 17 meter dimaknai 17 rakaaat dari total jumlah rakaat salat 5 waktu.

Jumlah pintu sebanyak lima buah, masing-masing menyimbolkan jumlah rakaat salat. Tiga pintu memilih empat daun pintu yang sama dengan jumlah salat Dzuhur, Ashar dan Isya, satu pintu memiliki 3 daun pintu sama dengan jumlah salat Magrib dan satu pintu memiliki 2 daun pintu sama dengan jumlah salat Subuh.

Selain itu, langit-langit masjid juga didesain menyerupai tata surya, simbol alam semesta ciptaan Allah. Di bagian mihrab masjid Al Fatiha didesain kreatif dengan beberapa kaligrafi timbul ayat-ayat suci Al Quran.

Di depan tempat salat Imam terdapat simbol Allah yang bercahaya dalam batu berbentuk bulat. Tak lupa disana juga ada miniatur hajar aswad.

Masjid ini rutik dikunjungi setiap hari oleh jamaah. Terlebih saat bulan ramadhan. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video