fbpx

Maha Vajiralongkorn Resmi Menyandang Status Raja Rama X

Maha Vajiralongkorn Resmi Menyandang Status Raja Rama X

Setelah melewati ritual upara penobatan hari pertama, Vajiralongkorn telah resmi menjadi Raja Thailand.

Akhirnya, Maha Vajiralongkorn Resmi Menjadi Raja Thailand

Konten.co.id – Maha Vajiralongkorn secara resmi telah diangkat menjadi Raja Thailand pada Sabtu (4/5/2019). Raja Vajiralongkorn menggantikan ayahnya yaitu Raja Bhumboi Adulyadej yang meninggal pada bulan Oktober 2016.

Tahapan proses penobatan Raja Vajiralongkorn (66) akan berlangsung selama tiga hari, sesuai dengan tradisi kerajaan selama berabad-abad. Acara di mulai pada pukul 10:09 waktu setempat, yang disiarkan langsung dari TV lokal kepada warga Thailand sebagai momen langka saat ritual penobatan atau upacara penyucian terjadi. 

Dilansir dari The Associated Press, upacara penyucian itu merupakan penggabungan tradisi Hindu-Budha. Rama X duduk di bawah payung sembilan setelah mandi dengan air yang berasa dari beberapa sungai suci dan sumber air lain. 

Penyematan mahkota emas 200 tahun dengan berat 7,3 Kg kepada raja, merupakan bagian dari akhir ritual acara penobatan kerajaan. Ritual tersebut  digelar di Istana Agung, diiringi dengan alat musik drum dan instrument lainnya. 

Bagi sebagian besar warga Thailand, ini adalah pengalaman pertama mereka melihat kemegahan ritual upacara penobatan kerajaan sejak diangkatnya Raja Rama IX pada tahun 1950, karena tidak memiliki siaran televisi. 

Rama X telah mengumumkan istri dari pernikahan keempatnya, yang sekarang telah menyandang gelar Ratu Suthida, pada hari Rabu (1/5/2019) dalam rangkaian ritual penobatan kerajaan. 

Pada hari Minggu (5/5/2019), akan ada proses iring-iringan Rama X di Bangkok, yang akan melibatkan 343 orang. Raja akan dibawa menggunakan tandu yang telah dihias, sehingga warga Thailand dapat memberikan hormat kepada raja baru mereka. 

Sedangkan pada hari terakhir, Senin (6/5/2019), Rama X akan menyambut masyarakat Thailand di balkon Grand Palace di sore hari waktu setempat. Kemudian akan mengadakan resepsi korps diplomatik. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video