Lima Langkah Memilih Mobil Bekas

Lima Langkah Memilih Mobil Bekas

Mobil bekas bisa jadi pilihan anda untuk berkendara saat mudik lebaran asal masih prima.

Beli Mobil Buat Mudik, Berikut Lima Langkah Memilih Mobil Bekas

Konten.co.id – Siapa bilang mobil bekas tidak bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berkendara? Masih banyak yang ingin punya mobil bekas. Salah satunya adalah dengan membeli mobil bekas yang harganya pasti lebih terjangkau.

Kalau kamu adalah orang yang unik dan atraktif, bisa pilih mobil-mobil klasik yang bisa bikin gayamu makin asik. Kalau kamu adalah family man yang mementingkan fungsionalitas, mobil-mobil 2018 ke bawah pun masih layak untuk dipilih lho.

Nah, untuk bantu kamu mendapatkan mobil bekas terbaik, sebaiknya kamu catat baik baik 5 tips berikut ini ya.

  • Tetapkan dulu berapa budget yang bisa kamu keluarkan

Budget adalah hal pertama dan utama yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil apa. Apabila ini adalah mobil pertamamu, pasti ada keinginan untuk menghabiskan banyak uang demi mendapatkan mobil impianmu.

Tapi, kalau mobil yang kamu inginkan harganya masih di luar kemampuan, untuk apa sih dipaksakan? Nanti yang ada kamu hanya akan merasa diberatkan olehnya lho. Kalau kamu beli cash keras, bagaimana kabar tabungan kamu selanjutnya?

Kalau kamu beli dengan mencicil, apakah cicilannya akan memberatkan kamu ke depannya? Ingat guys, kita harus realistis dan jujur dengan kondisi finansial kita sendiri. Kalau memang belum mencukupi, pertimbangkan ulang saja ya.

  • Pilih merek yang punya layanan purna jual baik

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, coba tanyakan apakah kamu akan membeli mobil untuk kesenangan semata atau untuk kebutuhan? Kalau hanya untuk kesenangan semata, maka apa pun yang kamu pilih tentu nggak masalah.

Tapi, kalau kamu memang sedang butuh, untuk mudik lebaran misalnya, disarankan memilih merek mobil dengan layanan purna jual yang baik. Layanan purna jual ini termasuk pada kemudahan untuk menemukan bengkel resmi di mana saja, onderdilnya mudah ditemukan, dan harga jual kembali yang tidak terlalu anjlok. Dengan adanya ketiga hal tersebut, pasti deh kamu akan terasa lebih tenang.

  • Cari tahu apakah sang pemilik tepat waktu dalam service rutin

Ketika kamu sudah menetapkan mobil apa yang akan kamu beli, cari tahu apakah mobil tersebut punya riwayat perawatan yang baik. Caranya bagaimana? Coba lihat buku servis dari mobil itu. Kalau pemiliknya disiplin, besar kemungkinan mobil itu masih dalam kondisi yang prima.

Namun, kalau pemiliknya selalu melewatkan waktu servis atau nggak menyimpan catatan kapan dia servis, itu sudah lampu kuning lho. Sebaiknya kamu berhati-hati dan jangan gegabah ya. Nggak mau menyesal ‘kan?

  • Cek keadaan mobil di lokasi sang penjual

Selain melihat riwayat servis, sudah pasti kamu harus melihat kondisi dari mobil tersebut. Tapi, sebaiknya cek kondisinya langsung di lokasi penjual. Kalau kamu membeli dari showroom mobil bekas, datangilah showroom-nya.

Kalau kamu membeli dari orang perorangan, datangi rumahnya. Kenapa? Supaya kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan seperti cacat tersembunyi, kamu bisa meminta pertanggungjawabannya dengan lebih mudah.

  • Wajib lakukan test drive untuk tahu kondisi mesin

Kamu nggak boleh memutuskan untuk membeli sebuah mobil tanpa melakukan uji coba atau test drive terlebih dahulu. Soalnya, banyak mobil yang secara fisik tampak prima, namun ternyata menyimpan kerusakan yang tersembunyi.

Untuk itu, coba deh nyalakan mesinnya. Apakah mobil tersebut akan menyala hanya dalam satu kali starter atau harus berkali-kali. Coba dengarkan bagaimana suara mesinnya, apakah halus atau kasar.

Coba dengarkan pula apakah ada suara seperti logam yang bergesekan atau berbenturan. Nah, kalau suara mesin tetap halus, nggak ada masalah pada transmisi dan sistem kemudi, dan kaki-kaki terasa nyaman saat test drive berarti mobil itu masih dalam kondisi baik sehingga layak untuk kamu beli.

Apakah berhenti sampai di situ? Tentu tidak. Mobil bekas yang kamu beli sebaiknya dibawa ke bengkel agar di-tune up. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan performa mobil ke titik optimalnya.

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah merawatnya dengan baik. Salah satunya, dengan menggunakan BBM berteknologi tinggi untuk menjaga kondisi mesin mobilmu. (*)

Penulis: Kharisma
Editor: Azzahra

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *