Lezatnya Nasi Kapau Untuk Santap Sahur

Lezatnya Nasi Kapau Untuk Santap Sahur

Nasi Kapau adalah makanan khas Sumatera Utara yang cocok bagi lidah masyarakat indonesia.

Nasi Kapau Jadi Pilihan Sahur Warga Jakarta

Konten.co.id – Deretan gerai nasi kapau di jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, mutlak jadi godaan saat bulan Ramadhan. Siapa pula yang tega melewatkan itiak lado mudo, dendeng batokok, serta gulai tunjang sebagai “teman” makan sahur?

Masakan Padang memang banyak penggemarnya. Namun saat masuk bulan Ramadhan, ada satu tempat yang jadi godaan mutlak terutama ketika sahur tiba.

Deretan gerai nasi kapau di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, selalu jadi incaran warga Jakarta yang rindu akan nikmatnya masakan khas Ranah Minang. Eksistensi gerai nasi kapau di Jalan Kramat Raya sudah tercium sejak 1970-an.

Waktu itu, jumlah pedagang tidak sebanyak sekarang. Pada 1980, para pedagang nasi kapau diarahkan menjadi sebuah komunitas wisata kuliner yang dikelola oleh Dinas UKM DKI Jakarta.

Saat ini ada sekitar enam gerai nasi kapau yang terletak di bawah flyover tersebut.

Mayoritas gerai nasi kapau buka mulai pukul 14.00 WIB, namun biasanya hanya untuk pengunjung yang take away. Gerai mulai ramai pukul 17.00 WIB, kemudian semakin menjadi-jadi ketika mendekati azan maghrib.

Oleh karena itu, sahur adalah waktu terbaik untuk menyantap seporsi nasi kapau. Bisa dibilang, godaan menyantap nasi kapau berkali-kali lipat dibanding nasi padang.

Sekitar 40 lauk tersaji di depan mata, penuh lemak dan minyak yang menggantung di permukaan kuah santan. Sahur adalah waktu terbaik untuk menyantap seporsi nasi kapau.

“Paling favorit di sini adalah bebek cabe ijo, gulai tunjang, gulai kepala ikan, dan rajungan,” tutur Zaidar, pemilik gerai nasi kapau Sabana Asli, Minggu (19/5/2019).

Perlu diingat, ada perbedaan mendasar antara nasi kapau dengan nasi padang. Nasi kapau dijual oleh orang asli Nagari Kapau, nama daerah yang terletak di Kabupaten Agam.

Perbedaan lainnya, nasi kapau biasa menjual rendang ayam dan rendang ati selain tentunya rendang daging.

Jenis hidangan lainnya yang juga khas Kapau adalah tambunsu, masakan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu. Gulai tambunsu adalah salah satu hidangan khas wilayah Kapau, Sumatera Barat.

Ini merupakan hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu.

Begitu duduk di gerai nasi kapau, Anda pasti pusing dihadapkan dengan menu makanan yang begitu beragam.

Itiak lado mudo, ayam lado mudo, ayam gulai, ayam pop, rendang ayam, gulai ikan mas, ikan mas bakar, gulai kapala kakap, dendeng batokok, rendang daging dan rendang ati, gulai tunjang, sampai gulai gajebo (punuk sapi) “terhampar” di depan mata.

Belum lagi rajungan goreng yang tampak gurih dan renyah, tak lupa gulai otak dan telur ikan. Benar-benar menggugah selera. Harga per porsi relatif, tergantung lauk yang Anda pilih.

Seporsi nasi dengan itiak lado mudo dibanderol Rp 45.000, sementara nasi dengan rajungan harganya Rp 25.000.

Selain masakan khas Kapau, semua gerai di Kramat Raya ini menjual makanan manis seperti bubur kampiun, es tebak, lemang, dan beragam kue basah lainnya khas Ranah Minang.

Deretan gerai nasi kapau di Kramat Raya buka hingga subuh, sekitar pukul 04.30 WIB.

Oleh karena itu selain untuk sahur, nasi kapau bisa jadi pilihan jika lapar tengah malam melanda. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *