Laporan Kecurangan BPN Tidak Terbukti

Laporan Kecurangan BPN Tidak Terbukti

Laporan BPN terkait kecurangan yang dilakukan pasangan Jokowi-Ma’ruf tidak diterima Bawaslu.

Bukti Tidak Kuat, Laporan Kecurangan BPN Tidak Terbukti

Konten.co.id – Bawaslu RI menyatakan laporan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tentang dugaan terjadinya kecurangan pemilu terstruktur, sistematis dan masif mengenai pelibatan aparatur sipil negara oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf, beberapa waktu lalu tidak dapat diterima.

“Menetapkan, menyatakan, laporan dugaan pelanggaran administratif pemilu terstruktur, sistematis dan masif tidak dapat diterima,” kata Ketua Bawaslu Abhan dalam sidang putusan pendahuluan di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Laporan BPN yang teregister nomor 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019 itu mengenai dugaan pelibatan ASN dalam pemenangan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf.

Bawaslu menjelaskan tidak dapat menerima laporan itu karena bukti yang disertakan dalam laporan tidak cukup kuat.

Dalam pertimbangannya, Bawaslu menyebut bukti-bukti yang diajukan BPN Prabowo-Sandi belum memenuhi kriteria. Bukti-bukti yang diajukan di antaranya berupa berita dari media online.

“Dengan hanya memasukkan bukti berupa link berita dalam laporan pelanggaran administrasi pemilu yang terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif, maka nilai kualitas bukti belum memenuhi syarat,” kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar.

Dengan demikian Bawaslu menyatakan tindaklanjut atas laporan 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019 telah selesai. (*)

Penulis: Ade Indra
Editor: Ibrahim

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *