Lapas Narkotika Langkat Dibakar Warga Binaan

Lapas Narkotika Langkat Dibakar Warga Binaan

Sebanyak 500 napi kabur saat Lapas Narkotika Langkat terbakar.

Sipir Bertindak Anarkis, Lapas Narkotika Langkat Dibakar Warga Binaan

Konten.co.id – Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Hinai di Simpang Ladang, Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 13.45 WIB.

Dalam video amatir yang beredar dengan durasi 6.04 dan 1.59 menit, terlihat beberapa unit kendaraan roda dua sudah dalam posisi terbakar. Pintu gerbang penjara setinggi tiga meter juga tampak sudah dalam posisi terbuka. Satu unit mobil ambulans berwarna putih juga tampak terbalik.

Beberapa penghuni lapas yang masuk dalam frame kamera tampak tertawa. Ada yang berkata “pintunya jebol,” ucap salah seorang napi.

“Oi, jangan diviralkan!” teriak napi lainnya.

Perekaman video juga tampak berkeliling mengitari seluruh ruas lapas. Tak lama kemudian, perekaman video tampak keluar. Di pintu keluar, beberapa unit sepeda motor juga tampak sudah terbakar.

Para napi tampak nyantai berada di luar lapas. Namun, tidak ada terlihat sama sekali petugas lapas tersebut yang berjaga

“Kami manusia bukan binatang. Jadi perlakukan kami seperti manusia jangan seperti binatang,” teriak salah seorang napi.

Kepala Trantib Lapas Narkotika Langkat Sunardi mengatakan, napi yang kabur diperkirakan mencapai 500 orang. “Ditaksir yang lari (kabur) itu ada 500 orang lebih. Kita tidak bisa dekat, di luar Lapas banyak orang itu,” katanya.

Informasi yang dihimpun, kerusuhan di Lapas Narkotika Kelas III Langkat terjadi sekitar pukul 13.45 WIB di Jalan Simpang Farm Desa Domba Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat.

Sejumlah tahanan menjebol pintu, dan melakukan pembakaran. Menurut warga sekitar, para sipir di Lapas umum telah mengamankan beberapa orang tahanan atau napi yang kabur. Sementara personel Polres Langkat saat ini sedang melakukan sweeping di kabupaten setempat.

Diduga napi marah karena ada penangkapan napi yang diperlakukan tidak manusiawi. Perlakuan buruk ini memicu napi lain mengamuk. (AI)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan