Kubah Masjid Istiqlal Memiliki Makna Kemerdekaan Indonesia

Kubah Masjid Istiqlal Memiliki Makna Kemerdekaan Indonesia

Kedua kubah masjid Istiqlal punya makna kemerdekaan Indonesia.

Tahukah Anda? Kubah Masjid Istiqlal Memiliki Makna Kemerdekaan Indonesia

Konten.co.id – Masjid Istiqlal sebagai masjid terbesar di ASEAN memiliki segudang keindahan. Selain arsitektur yang menarik, masjid ini juga memiliki kubah dan menara yang memiliki segudang makna.

Kubah masjid ini menunjukkan kesan agung dan monumental. Diketahui kubah bagi sebuah masjid memiliki arti tersendiri.

Kubah memiliki simbol kebanggan umat muslim. Kubah utama masjid Istiqlal berdiameter 45 meter melambangkan tahun kemerdekaan. Kubah ini memiliki bahan baja anti karat dengan berat mencapai 86 ton.

Sementara kubah kecil berdiameter delapan meter dengan tinggi 17 meter yang bermakna 17 Agustus. “Kalau kubah utama diameternya 45 meter dimana melambangkan tahun 1945 kemerdekaan Indonesia, sementara yang kecil tingginya 17 meter yang berari proklamasi 17 Agustus,” kata ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Asep Saifudin, Senin (13/5/2019)

Ia menceritakan, dulu Bung Karno saat menentukan masjid Istiqlal berdasar filosofi harmonisasi dan toleransi karena berada tepat didepan gereja Katedral. Desain arsitektur ala Timur Tengah pun terlihat dari kaligrafi beralas marmer yang mengelilingi kubah.

Kaligrafi tersebut menuliskan ayat kursi dan surat Al Ikhlas. Keindahan kubah juga terlihat dari luar masjid tersebut.

Dimana warna putih dari keramik kubah tersebut mempercantik masjdi yang berdiri sejak tahun 1951 ini. Di bagian tengah kubah juga terlihat penangkal petir berbentuk bulan bintang seberat 2,5 ton.

Untuk memasuki bagian atas kubah, dikatakan Asep tidak bisa sembarang orang. Bahkan untuk membersihkan kubah hanya bisa dilakukan oleh salah satu pecinta alam di Jakarta. “Dulu ada pecinta alam yang ingin bersihkan kubah, ya kita beri ijin, jadi tidak bisa sembarang orang. Bahkan saat ada acara atasnya ini juga gak bisa ada orang,” tukasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *