Keunikan Masjid 1000 Pintu di Tangerang

Keunikan Masjid 1000 Pintu di Tangerang

Masjid Agung Nurul Yaqin, di Bayur, Kota Tangerang memiliki banyak ruangan sehingga disebut masjid 1000 pintu.

Mengintip Uniknya Masjid 1000 Pintu di Tangerang

Konten.co.id – Unik. Begitu kiasan yang tepat bagi Masjid Agung Nurul Yaqin. Masjid yang terletak di RT 01/03, Kampung Bayur, Kelurahan Priuk Jaya, Jatiuwung, Kota Tangerang memiliki banyak pintu sehingga disebut Masjid 1000 pintu

Masjid yang tampak seperti tidak terawat ini sering menjadi pusat destinasi ibadah warga Tangerang dan sekitarnya karena keunikannya.

Agung Pribadi, seorang pengurus Masjid 1000 pintu mengatakan, di dalam bagian masjid yang terkunci rapat tersebut terdapat banyak pintu yang mengarah ke berbagai ruangan sempit dan lembab.

“Bagian itu dikunci, kenapa 1000 pintu karena memang ada banyak pintu di dalam bagian tersebut yang setiap pintunya terdapat ruangan kosong,” ujar Agung kepada Konten.co.id, Sabtu (18/5/2019).

Di bagian dalam masjid yang terkunci tersebut terdapat lorong yang hanya berukuran 2 x 1 meter dan tidak dilengkapi dengan penerangan. Bangunan masjid yang berdiri sejak 1878 ini memiliki tiga lantai. Lantai satu dikhususkan untuk ruang zikir dan meditasi.

Sementara lantai dua dan tiga dikhususkan untuk kegiatan pengajian, salat dan kegiatan agama lainnya. Walau terkunci, warga yang mau sekedar berwisata atau beribadah dapat memasuki bagian disebelah kanan masjid, karena tempat tersebut dibuka untuk umum dan untuk beribadah.

Uniknya, walau masuk dalam kategori masjid, namun nyatanya dalam masjid itu sendiri terbagi dalam berbagai sekat hingga memiliki nama musala masing-masing sekatnya. “Setiap ruangan (musala) yang luasnya sekitar 4 x 3 meter diberikan nama. Ada musholla Fathulqorib, Tanbihul-Alqofilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hingga Musholla Ratu Ayu,” ujar Agung.

Salah satu ruangan (musala) tersebut juga bersebelahan dengan makam pendiri Masjid 1000 pintu tersebut yang warat pada tahun 2012 silam, Syeikh Al Faqir Mahdi.

Menurut Agung, saat hari tertentu dan hari raya Islam, makam Syeikh Al Faqir Mahdi akan ramai dengan penziarah. Sementara saat bulan suci ramadhan ini masjid ini pun akan ramai dengan jamaah yang ingin beribadah dan mengunjungi makam pendiri masjid 1000 pintu.

Sementara itu wali kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan masjid 1000 pintu termasuk salah satu cagar budaya yang dimiliki kota Tangerang. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *