Keindahan Masjid Terapung Al Alam Kendari

Keindahan Masjid Terapung Al Alam Kendari

Keindahan masjid Al Alam membuat kita wajib mengunjunginya pada ramadhan dan lebaran kali ini.

Mudik ke Kendari, Wajib Kunjungi Masjid Terapung Al Alam

Konten.co.id – Masjid Al Alam, menjadi satu masjid paling unik di Indonesia. Terletak di tengah Teluk Kendari, Al Alam menjadi salah satu masjid dengan arsitektur terbaik di Pulau Sulawesi.

Mulai dibangun sejak 2010, masjid yang terletak di tengah kota ini, menjadi ikon wisata baru di Kota Kendari. Sejak diresmikan awal April 2018, Masjid Al Alam tidak putus dikunjungi warga Kota Kendari dan sekitarnya.

Keunikan masjid yang kabarnya dianggarkan hingga mencapai Rp 200 miliar itu, terletak pada lokasinya. Jika air sedang pasang, masjid yang didominasi warna putih dan kuning emas itu terlihat terapung di atas air.

Keindahan empat buah menara pada setiap sudutnya juga makin menambah kemegahan masjid ini. Mursyid Mustafa, arsitek asal Sulawesi Selatan merancang keempatnya menyerupai Hotel mewah Burj Al Arab di Dubai.

Berdiri di tengah teluk, warga yang akan menuju lokasi masjid terlebih dulu melewati hutan bakau. Tidak jarang, burung-burung camar yang beterbangan dan pemandangan teluk akan memuaskan mata.

Letaknya agak berjauhan dari hiruk-pikuk jalan raya. Sehingga, cocok dikunjungi saat akan bersantai dan menenangkan diri. Jalan beraspal mulus, akan dilalui pengendara roda dua dan empat saat menuju lokasi masjid. Jalan yang bagus, menjadi alasan utama ratusan pesepeda dan pelintas yang ingin menikmati keindahan masjid pada pagi dan sore hari.

Kubah mesjid yang besar dan berwarna kuning gading, menjadi salah satu daya tarik. kubah masjid khusus didatangkan dari Jerman. Sejumlah meterial juga didatangkan dari luar negeri. Sehingga, beberapa aksesoris yang ada tidak memiliki kesamaan dengan masjid yang lain di Kota Kendari.

Dijadikan Pusat Wisata Religi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan menjadikan lokasi masjid sebagai lokasi wisata. Saat ini, sejumlah kekurangan di masjid akan dibenahi. Mulai dari lighting, pelataran, serta sarana pendukung diluar mesjid. Sedangkan untuk fasilitas masjid secara umum sudah nyaris rampung semua.

Pelataran masjid ini dirancang menyerupai taman kota. Dilengkapi dengan taman berisi tanaman hijau dan pemandangan taman.

Masjid ide mantan Gubernur Sultra Nur Alam itu saat ini ramai dikunjungi. Bahkan pada bulan ramadhan dan ketika idul fitri. Keindahannya membuat semua mata akan terbelalak. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *