fbpx

Islam Aboge Mulai Puasa Hari Ini

Islam Aboge Mulai Puasa Hari Ini

Umat Islam Aboge punya perhitungan sendiri dan puasa ramadhan mereka baru dimulai hari ini.

Umat Islam Aboge Puasa Hari Ini

Konten.co.id – Umat Islam Aboge yang banyak terdapat di wilayah eks Karesidenan Banyumas baru akan melaksanakan ibadah puasa, Selasa (7/5/2019). Awal puasa ini berbeda dengan umat Islam lain di Indonesia yang sudah melaksanakan puasa pada Senin (6/5/2019).

Dalam sistem kalender Aboge, tahun ini disebut juga sebagai tahun Be. Pada tahun Be, awal tahun 1 Muharam atau 1 Suro jatuh pada Kamis dengan pasaran Manis. Dengan rumus Nemro, maka awal Ramadhan dalam perhitungan Aboge jatuh pada Selasa Pahing.

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka Idul Fitri versi Aboge juga sudah dipastikan akan jatuh pada hari Kamis Pahing. Dengan penetapan ini, Hari Raya Idul Fitri Aboge juga diperkirakan akan jatuh sehari setelah umat Islam lainnya di Tanah Air merayakan Idul Fitri.

Dengan penetapan ini, maka umat Islam Aboge baru mulai melaksanakan shalat tarwih pada Senin (6/5/2019) malam. Biasanya, mereka melaksanakan tarwih di masjid atau musala tertentu.

Umat Islam yang menggunakan kalender Aboge tersebar di beberapa wilayah. Di Kabupaten Banyumas, mereka tersebar di beberapa tempat antara lain di Desa Kracak Kecamatan Banyumas, Desa Cikakak Kecamatan Wangon dan Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang.

Di Cilacap, Aboge tersebar di wilayah Kecamatan Adipala. Sedangkan di Kabupaten Purbalingga, berada di Desa Onje Kecamatan Mrebet. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video