Indonesia Siap Gantikan Singapura Sebagai Pusat Perdagangan BBM

Indonesia Siap Gantikan Singapura Sebagai Pusat Perdagangan BBM

Indonesia terus melangkah sebagai salah satu negara berkembang yang sedang maju. Saat ini, Indonesia sudah bersiap untuk menggantikan Singapura menjadi pusat transaksi perdagangan bahan bakar.

Langkah Indonesia Siap Gantikan Singapura Sebagai Pusat Perdagangan BBM

Konten.co.id – Selama bertahun-tahun, Singapura dikenal sebagai pusat transaksi perdagangan bahan bakar minyak (BBM) internasional. Posisi ini, bisa jadi tak lama lagi akan digeser oleh Indonesia.

PT Pertamina (Persero) kini telah menggandeng Freepoint Commodities Pte Ltd untuk mengoptimalkan aset perusahaan dan untuk memasok komoditas ke pasar internasional.

Aset yang dimaksud yakni Terminal BBM Pulau Sambu, Kepulauan Riau, yang sudah ada sejak 1897 silam.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menambahkan, dalam kerja sama ini, Pertamina akan menjadi pemasok produk yang disimpan dan di-blending di TBBM Pulau Sambu, sementara operasional terminal yang dilaksanakan oleh Pertamina akan dioptimalisasi dan didukung oleh Freepoint.

Selain itu, Pertamina juga memiliki opsi untuk membeli produk akhir dari TBBM Pulau Sambu baik untuk keperluan domestik maupun trading. Selama ini, lanjut Fajriyah, TBBM Pulau Sambu digunakan sebagai tempat penyimpanan BBM Pertamina.

TBBM Pulau Sambu ini memang akan dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah, tujuan dibangunnya memang untuk menjadi trading hub, layaknya Singapura.

Seperti diketahui, Singapura sering dianggap sebagai trading hub minyak terkemuka di Asia, ketiga di dunia setelah New York dan London, dan di antara lima pusat penyulingan minyak teratas dunia, serta memiliki kapasitas penyulingan hampir dua kali lipat dari tingkat konsumsi produk minyak bumi.

“TBBM yang berlokasi di pulau tersendiri antara Batam dan Singapura ini dinilai sangat strategis sebagai supply point untuk memasok komoditas (BBM) yang bisa diperdagangkan secara internasional,” tutur Fajriyah saat dijumpai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/5/2019) dilansir dari cnbc.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, peran Pertamina untuk kerja sama ini adalah sebagai storage provider, dan Freepoint adalah storage user.

“Ada ruang kerja sama lain yang kemudian bisa tingkatkan kapabilitas Pertamina, baik dari global market maupun di dalam kapabilitas operational excellence,” pungkasnya. (MHI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *