Hukum Niat Berpuasa Setiap Malam

Hukum Niat Berpuasa Setiap Malam

Niat adalah hakikat seseorang untuk melakukan sesuatu yang terbaik bagi dirinya.

Niat Berpuasa Apakah Harus Dilakukan Setiap Malam?

Konten.co.id – Untuk melakukan apapun, tentunya tidak langsung dilakukan. Tentulah ada sebuah niat di dalamnya.

Tapi tahukah anda apa itu niat? Menurut pendiri pusat studi islam Prof Dr M Quraish Shihab, niat adalah hakikat melakukan sesuatu. Sesuatu kegiatan yang dimulai dari ide yang ada dalam benak, kemudain dimantapkan oleh akal dan jiwa.

Pemantapan akal menambahkan sebuah objek niat. “Anda harus tahu apa yang harus anda lakukan,” terangnya.

Selama berpuasa, lanjutnya, kita juga harus tahu apa yang berkaitan dengan kewajiban puasa itu. Misalnya kapan waktunya, kapan berakhir dan apa yang dilakukan saat berpuasa itu dan apa yang membatalkannya.

“Nah itu semua harusnya terkandung dalam pemantapan akal atau ide dalam puasa,” ucapnya.

Selanjutnya, lanjut ayah dari Najwa Shihab ini, pemantapan jiwa. Pemantapan jiwa ini yang mendorong apa hasil dari keseluruhan pemantapan akal tersebut.

“Dalam konteks pemantapan akal dan pemantapan jiwa itu akan timbul niat yang berdasar pada keikhlasan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Karena itu, dua perbuatan yang sama dari dua orang yang berbeda akan berbeda pula masing-masing karena berbeda pula niatnya. Dalam mazhab Imam Syafi’i niat harus dilakukan setiap malam.

Ia pun mengakui banyak ulama yang memperbolehkan niat dilakukan sekali dalam sebulan. Tetapi dengan niat setiap malam tersebut, dinilai sebagai sesuatu yang baik karena kita bisa melakukan banyak introspeksi.

“Terlebih untuk puasa kita agar bisa semakin baik dan berkualitas setiap harinya. Semoga kita mendapatkan puasa terbaik karena niat yang baik,” tukasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *